Ekonomi

Hujan Turun, Pasokan Ikan Berkurang 30 Persen

Kamis, 16 November 2017 - 18:25 | 26.10k
Suasana di Pasar Ikan Kedonganan Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung Selatan. Kamis (16/11/2017).(FOTO: Khadafi/TIMES Indonesia)
Suasana di Pasar Ikan Kedonganan Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung Selatan. Kamis (16/11/2017).(FOTO: Khadafi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Hujan lebat yang terus mengguyur Bali  khususnya di wilayah Badung Selatan membuat pasokan ikan berkurang. Hujan membuat jumlah tangkapan ikan menurun.

Rustam Efendi (55) yang sudah berjualan ikan selama 17 tahun di Pasar Ikan Kedonganan, Kecamatan Kuta mengatakan, hujan deras selama 3 hari belakangan ini, membuat tangkapan nelayan ikan menurun.  

"Sekitar 30 persen penurunan pasokan ikan, tapi untuk pasokan ikan tidak hanya dari nelayan di sini tapi dari Jawa juga ada. Tapi untuk harga masih normal tidak ada perubahan," ucapnya, Kamis (16/11/2017).

Selain pasokan ikan menurun, para pembeli juga sepi karena musim hujan para pembeli juga enggan ke pasar, sehingga di pasar Kedonganan terlihat sepi pembeli.

"Kalau dari nelayan lokal kalau musim hujan seperti ini paling banyak memasok ikan tongkol karena mudah ditangkap. Harapan saya para nelayan bisa tangkap ikan sebanyak-banyaknya," harap Rustam. 

Sementara I Made Narka,  Kepala Pasar Ikan Kedonganan menyampaikan hal senada, bahwa jika musim hujan pasti ada penurunan pasokan ikan dari nelayan walaupun juga ada suplai ikan dari Jawa.

"Kalau musim hujan seperti ini otomatis mengalami penurunan pasokan ikan," ujarnya.

Kondisi cuaca buruk memang sudah diungkapkan BMKG Wilayah III Denpasar dengan mengeluarkan peringatan dini cuaca di wilayah Badung yang berlaku dari tanggal 14-16 November 2017. Disebutkan, intensitas hujan cukup tinggi dan berpotensi hujan lebat disertai kilat dan petir.

Masyarakat diimbau untuk tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya bencana seperti banjir atau genangan air.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Bali

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES