Kamis, 22 Februari 2018
Peristiwa - Daerah

Demi Bali, Lurah Bontang Baru Turut Galang Dana di Jalan

Demi Bali, Lurah Bontang Baru Turut Galang Dana di Jalan Lurah Bontang Baru, Chahyo Hadi Wichakso, ikut galang dana bersama pemuda Bali di perempatan lampu merah Bontang Baru. (FOTO: Pubdek DPK Peradah Bontang for Times Indonesia)
Selasa, 14 November 2017 - 22:51

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Aksi penggalangan dana yang dilakukan DPK Peradah Bontang bersama elemen masyarakat untuk pengungsi Gunung Agung di Karangasem Provinsi Bali, mengetuk hati beberapa ormas dan komunitas untuk membantu melaksanakan aksi ini, termasuk masyarakat Bontang.

Pada Senin (13/11/2017) sore, tampak dari kejauhan, seorang pria berperawakan tegap menggunakan pakaian dinas praja, membopong sebuah kardus menghampiri pengguna-pengguna jalan meminta sumbangan di perempatan lampu merah Bontang Baru. TIMES Bontang mencoba menghampiri pria tersebut. Tak disangka, ternyata dia orang nomer satu di Kelurahan Bontang Baru, Chahyo Hadi Wichakso. 

Saat TIMES Bontang menanyakan perihal penggunaan atribut praja, ia mengatakan jika ia baru pulang kerja dan akan pulang ke rumahnya dengan melewati jalan DI Panjaitan, lokasi aksi galang dana.

Galang-Dana-254FEN.jpg

"Abis pulang dinas, saya mampir kesini karena mengetahui ada penggalangan dana untuk Bali di lampu merah ini. Sekalian ngecek-ngecek lah, karena ini wilayah saya. Kebetulan arah pulangnya juga lewat sini," ungkap Lurah Bontang Baru ini. 

"Ini spontanitas saja kebetulan saja saya menggunakan baju dinas dan atribut pemerintahan. Mungkin dengan ini juga dapat memberikan contoh kepada masyarakat, khususnya para generasi muda bahwa kepekaan sosial ini tidak terbatas siapapun anda," lanjutnya.

Ia berpendapat kegiatan galang dana ini sebagai salah satu cara menumbuh kembangkan solidaritas sosial yang tumbuh di kalangan generasi muda. 

Musibah Gunung Agung yang menyebabkan banyak warga mengungsi, membutuhkan logistik yang dirasa masih sangat kurang. "Mereka di sini berupaya meringankan beban pengungsi di sana, yang dimotori oleh pemuda Bali, Peradah Bontang. Saya pikir aksi anak-anak muda ini sangat luar biasa," terang Lurah Bontang Baru ini.

"Ketika anda memiliki jiwa sosial, anda pasti akan tergerak ke arah sana. Semua profesi pun bisa, tidak memandang kita siapa dan punya apa. Bahkan tingkat kehidupan ekonominya lemah pun, bisa berbuat sosial kepada masyarakat yang membutuhkan," sambung Chahyo.

Galang-DanajUkd6.jpg

Chahyo berharap, ke depannya generasi muda dengan kepekaan sosial yang tinggi bisa menjadi perekat persatuan bangsa.  

"Lihatlah anak-anak muda ini. Saya melihat di lokasi ini, justru ekonomi menengah kebawah lah kepekaan sosialnya lebih tinggi dari kita, kita perlu banyak belajar dari mereka. Tanpa malu mereka berbuat sosial, mereka gak punya materi tapi mereka punya niat dan tenaga untuk saling membantu sesama," ucap Chahyo.

Terkait pemakaian jalan umum, Chahyo menegaskan aksi galang dana tersebut sudah memiliki izin dan segala sesuatunya sudah dilengkapi. "Jadi Insya Allah ketika kegiatan sudah dilaksanakan khususnya di Bontang Baru, semua perijinan telah dilengkapi," terangnya.

Ia menghimbau kepada semua elemen masyarakat yang ada di Kota Bontang, apabila menggelar suatu event baik itu penggalangan dana atau lainnya yang menggunakan badan jalan umum, agar dilengkapi izinnya. (*)

Pewarta : Andry Subandono
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : Bontang TIMES

Komentar

Registration