Kesehatan

Kurang Kalsium? Ini yang Terjadi pada Tubuh

Rabu, 15 November 2017 - 03:24 | 50.27k
ILUSTRASI. Makanan sumber kalsium. (FOTO: nuga.co)
ILUSTRASI. Makanan sumber kalsium. (FOTO: nuga.co)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kalsium merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Mineral ini memiliki berbagai macam fungsi penting, antara lain untuk memelihara kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, kalsium juga diperlukan dalam mekanisme pergerakan otot. Tahukah Anda bahwa rendahnya kadar kalsium dalam tubuh bisa menjadi salah satu faktor risiko penyebab serangan jantung?

Dilansir dari Hello Sehat, kalsium diperlukan oleh jantung karena berperan untuk membuat jantung berkontraksi memompa darah. Kurangnya asupan kalsium dari luar ke dalam sel otot jantung lama-lama akan menyebabkan turunnya jumlah kontraksi jantung.

Akibatnya, terjadi kekurangan asupan oksigen bagi tubuh maupun bagi jantung yang dikenal dengan keadaan iskemia. Kondisi ini ditandai dengan timbulnya gejala-gejala serangan jantung, misalnya nyeri dada seperti tertindih beban berat, keringat dingin, bahkan kematian.

Agar tidak terjadi hal ini, maka seseorang harus memenuhi kebutuhan kalsium dalam tubuh. Rentang nilai normal kadar kalsium darah pada orang dewasa adalah 8,9 – 10,1 mg/dL. Belum ada acuan baku mengenai berapa kadar kalsium darah yang paling baik untuk meminimalkan serangan jantung. Namun, banyak penelitian yang menggunakan angka minimal 8,95 mg/dL.

Jumlah kalsium yang kurang atau lebih dapat menimbulkan berbagai jenis gangguan dalam tubuh. Belakangan ini, banyak penelitian maupun laporan kesehatan yang menyatakan bahwa berlebihnya kadar kalsium dalam darah mengakibatkan pengapuran pembuluh nadi sehingga berisiko menimbulkan penyakit jantung.

Salah satu penelitian yang dipublikasi pada Oktober 2017 menyatakan bahwa orang dengan kadar kalsium darah kurang dari 8,95 mg/dL mempunyai risiko 2,3 kali lipat lebih besar terkena serangan jantung dibandingkan dengan orang yang memiliki kadar kalsium lebih dari 9,55 mg/dL. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES