Peristiwa Daerah

Laksamana Pertama TNI Didik Setiyono Jabat Pangarmatim

Selasa, 14 November 2017 - 21:27 | 120.71k
Upacar Sertijab Pangarmatim, Dankodiklatal, Danseskoal, dan Danpus penerbal berlangsung di Dermaga Madura Koarmatim, Ujung Surabaya, Selasa (14/11/2017).(Foto : Istimewa)
Upacar Sertijab Pangarmatim, Dankodiklatal, Danseskoal, dan Danpus penerbal berlangsung di Dermaga Madura Koarmatim, Ujung Surabaya, Selasa (14/11/2017).(Foto : Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., memimpin jalannya upacara serah terima jabatan (Sertijab) Pangarmatim, Dankodiklatal, Danseskoal dan Danpuspenerbal, bertempat di Dermaga Madura Koarmatim, Ujung Surabaya, Selasa (14/1/2017).

Mutasi Pati TNI Angkatan Laut tersebut yaitu Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) dari Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, S.H., M.A.P., diserahterimakan kepada Laksamana Pertama (Laksma) TNI Didik Setiyono, S.E.,M.M. dan Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan (Kodiklatal) dari Laksda TNI I.G. Putu Wijamahaadi, S.H., kepada Laksda TNI Darwanto, S.H., M.A.P.

Sedangkan jabatan Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) diserahterimakan dari Laksda TNI Arusukmono Indra Sucahyo, S.E, M.M. kepada penggantinya yaitu Laksma TNI Sulistiyanto, S.E., M.M., M.Sc., dan Komandan Pusat Penerbangan TNI AL (Danpuspenerbal) dari Laksma TNI Manahan Simorangkir, S.E., M.Sc., kepada Kolonel Laut (P) Dwika Tjahya Setiawan.

Upacar-Sertijab-PangarmatimLmpwU.jpg

Sekilas tentang Pangarmatim yang baru yaitu Laksma TNI Didik Setiyono S.E., M.M.. Dia adalah lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan 32 tahun 1987, pernah mengemban beberapa jabatan di antaranya di Armatim tahun 1988 sebagai Padiv Kom KRI Hasanuddin, tahun 1992; Padiv Kom KRI Teluk Mandar, tahun 1993; Perwira PIT KRI Ahmad Yani, tahun 1996; Palaksa Lanal Balikpapan, tahun 1999; Komandan KRI Pulau Rani Satran Koarmatim, tahun 2001; Kasubdit Renbang AAL, tahun 2004 Komandan KRI Rencong; Satkat Koarmatim, tahun 2006; PS Kadepjian Pusdikopsla Kodikal, tahun 2007; Komandan Puslatlekdalsen Kodikal, tahun 2008 Komandan Lanal Kendari, tahun 2011; pernah menjabat Dansatkor Koarmatim dan Asops Pangarmabar.

Sedangkan Laksma TNI Didik Setiyono yang lahir di Nganjuk, 2 Mei 1964 mengawali karier sebagai Pati TNI Angkatan Laut saat dipromosikan sebagai Komandan Guspurlabar pada tahun 2014.

Sedangkan di tahun 2015 dia juga pernah ditunjuk sebagai Dansatgas Yekda DN Kapal PKR-10514 dan sebelum mendapatkan promosi bintang dua sebagai Pangarmatim, dia menempati jabatan sebagai Kepala Dinas Operasi dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kadisopslatal) Mabesal, sejak tanggal 3 Agustus tahun 2016.

Adapaun tanda jasa yang dimiliki oleh Laksma TNI Didik Setiyono diantaranya adalah Bintang Yudha Dharma Nararya, Bintang Jalasena Nararya, Satya Lencana Kesetiaan VIII, Satya Lencana Kesetiaan XVI, Satya Lencana Kesetiaan XXIV, Satya Lencana Dharma Nusa, Satya Lencana Dwidya Sistha, Satya Lencana Kebaktian Sosial, Satya Lencana Wira Dharma (Perbatasan) dan Satya Lencana Wira Nusa.

Usai pelaksanaan sertijab, dihadapan media, Kasal mengatakan dengan serah terima jabatan tersebut diharapkan mereka yang mendapatkan promosi kenaikan pangkatnya adalah sesuai strata jabatannya. 

"Pada dasarnya, sertijab ini juga merupakan pembinaan organisasi yang harus terus berlanjut agar tercipta suasana baru dan juga bagian dari promosi jabatan bagi yang bersangkutan," terang Laksamana TNI Ade Supandi.

Oleh sebab itu tuntutan tupoksi yang mereka duduki ini harus betul-betul dilaksanakan dengan baik sesuai dengan amanah jabatannya. Karena yang menjadi perhatian penting organisasi adalah kepemimpinan yang mewarnai kinerja organisasi melalui pembinaan-pembinaan yang kita bangun masa kini adalah SDM yang memenuhi kompetensi, profesionalisme, keberanian, semangat dan kuat mengawaki Alutsista TNI Angkatan Laut.

“Berkaitan dengan kesiapan operasional hal ini tidak aanya Alutsista tapi dukungan logistik, pengetahuan tentang wilayah, kemudian kerja sama interoperabilitas yang akhirnya melalui serah terima jabatan ini memberikan satu aspek yang diharapkan sebagai output positif bagi organisasi TNI Angkatan Laut”, ungkap Kasal.

Serah terima jabatan yang dihadiri para pejabat tinggi TNI, TNI AL dan Forkopimda ini digelar dengan upacara parade dan defille. Selain itu juga dimeriahkan dengan demo Fly Pass Bonansa G36 Puspenerbal dan tari kolosal gabungan dari Jalasenastri Armatim, Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal), serta Aparatur Sipil Negara (ASN) Koarmatim. 

Di akhir kegiatan, Laksamana TNI Ade Supandi mengumumkan juara lomba defile yang dimenangkan oleh Juara I dari Batalyon Marinir Surabaya, Juara II dari Batalyon Koarmatim, Juara III Kompi Kowal, Juara IV Seskoal, sedangkan Gabungan Passusla meraih Juara V. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Surabaya

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES