Rabu, 19 September 2018
Peristiwa - Daerah

e-Posyandu, Aplikasi Terbaru Lamongan

e-Posyandu, Aplikasi Terbaru Lamongan Ketua Tim Penggerak PKK Makhdumah Fadeli didampingi sang suami Bupati Lamongan Fadeli, Sekda Yuhronur Efendi, dan Kadinkes Taufik Hidayat melaunching e-Posyandu, Selasa (14/11/2017) (FOTO: Ardiyanto/ TIMES Indonesia)
Selasa, 14 November 2017 - 14:04

TIMESINDONESIA, JAKARTA – E-Posyandu yang merupakan Sistem Informasi Posyandu (e-Posyandu SIP) secara online, menambah panjang daftar aplikasi pelayanan yang berbasis media daring di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. 

Tepat saat peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-53 di Kantor Dinas Kesehatan Lamongan, Selasa (14/11/2017), e-Posyandu dilaunching oleh Ketua Tim Penggerak PKK (TP-PKK) Makhdumah Fadeli. 

Menurut isteri Bupati Lamongan Fadeli ini, e-Posyandu merupakan perintis pembuatan big data kesehatan warga Kabupaten Lamongan. “E-Posyandu ini bagian dari program besar untuk Lamongan yang lebih sejahtera dan berdaya saing,” katanya. 

Mahdumah berharap, aplikasi e-Posyandu tersebut akan sangat berguna untuk meningkatkan mutu dan kualitas pencatatan di posyandu yang tersebar di wilayah Lamongan. 

“Nantinya e-Posyandu akan dapat membantu meningkatkan mutu dan kualitas pencatatan posyandu, sehingga dapat membantu dan mempermudah pelayanan kesehatan,” ujar Makhdumah.

e-Posyandu2TSZ.jpg

Pernyataan serupa juga disampaikan Bupati Lamongan Fadeli. Menurutnya, e-Posyandu memiliki manfaat yang sangat besar. Karena data bayi dan kehamilan sang ibu bisa tercatat dengan baik.

“Lamongan sekarang sudah semakin banyak pelayanannya yang berbasis media daring,” ucapnya. 

Fadeli tak ingin, e-Posyandu SIP ini hanya jadi simbol. “Harus jalan, seperti e sapi, e planning, e budgeting dan e controlling,” tutur Fadeli.

Bupati-Fadeli-3C90pk.jpg

Di sisi lain,  Kepala Dinas Kesehatan Taufik Hidayat, aplikasi ini diharapkan dapat mengungkit peningkatan kesehatan masyarakat Lamongan.

“Cetak biru generasi mendatang ditentukan oleh 1.000 hari pertama kehidupan yang dimulai dari 9 bulan di kandungan dan 2 tahun pertama pada 5 tahun usia balita,” katanya.

Jurnalis : Ardiyanto
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Lamongan

Komentar

Registration