Gaya Hidup

Tips Tidur Nyenyak di Pesawat

Selasa, 14 November 2017 - 05:29 | 34.01k
ILUSTRASI. Tidur nyenyak di pesawat. (FOTO: travelandleisure.com)
ILUSTRASI. Tidur nyenyak di pesawat. (FOTO: travelandleisure.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Banyak orang yang susah sekali untuk tidur dalam perjalanan udara. Hal ini disebabkan berbagai hal seperti pencahayaan di pesawat terlalu terang, suara di sekitar terlalu berisik, suhu udara yang terlalu dingin, dan berbagai alasan lainnya.

Tidur di pesawat sangat bermanfaat untuk mengembalikan energi yang hilang, terutama dalam penerbangan panjang. Selain itu, tidur sejenak juga bisa membantu mencegah jet lag. Lalu bagaimana caranya agar bisa tidur nyenyak di pesawat? Berikut tips agar Anda bisa tidur nyenyak di pesawat, dilansir dari Hello Sehat.

Perhatikan Pilihan Tempat Duduk
Pilihan tempat duduk ternyata juga bisa memengaruhi kualitas tidur Anda di pesawat. Karena itu, Anda perlu menentukan apakah Anda tidur di sisi kiri atau sisi kanan tempat tidur Anda di rumah. Jika Anda tidur di sisi kanan, Anda harus memilih tempat duduk yang berada di sisi kanan pesawat, demikian juga sebaliknya. Selain itu, Anda bisa memilih tempat duduk di dekat jendela. Secara umum, tempat duduk di jendela sangat ideal karena Anda akan memiliki lebih banyak ruang untuk tidur.

Hindari Alkohol dan Kafein Sebelum Penerbangan
Alkohol dan makanan atau minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh atau soda, dapat membuat Anda terjaga selama penerbangan dan membuat Anda lebih sulit untuk beristirahat. Karena itu, hindari minum alkohol atau kopi sebelum atau saat penerbangan. Sebagai gantinya, Anda bisa minum air hangat, teh herbal, atau susu hangat sebelum atau saat di pesawat.

Ngemil Sebelum Penerbangan
Untuk mengisi perut tanpa risiko gangguan pencernaan atau dehidrasi, Anda bisa mengonsumsi makanan atau minuman ringan seperti yogurt, jus, smoothie, kacang-kacangan, dan buah-buahan. Anda juga harus minum banyak air sebelum dan selama penerbangan agar cairan dalam tubuh Anda senantiasa seimbang.

Hindari Melihat Layar Terang dari Gadget
Untuk memudahkan tidur di pesawat, Anda perlu menghindari melihat layar terang seperti handphone, tablet, laptop, atau layar televisi Anda. Cahaya terang dari berbagai gadget tersebut bisa menyulitkan otak Anda untuk tidur.

Bawa Perlengkapan yang Anda Perlukan
Anda perlu mencari tahu penyebab Anda sulit tidur di pesawat. Beberapa orang sulit tidur karena posisi leher yang kurang nyaman, telinga berdenging, kedinginan, atau hal lainnya. Karena itu, Anda bisa mempersiapkan perlengkapan yang bisa mengurangi ketidaknyamanan tersebut. Misalnya dengan membawa bantal leher, penutup mata untuk tidur, penyumbat telinga, dan kaos kaki yang hangat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES