Gaya Hidup

Memakai Make Up saat Olahraga, Amankah?

Selasa, 14 November 2017 - 03:33 | 27.74k
ILUSTRASI. Menggunakan make up saat berolahraga. (FOTO: klimg.com)
ILUSTRASI. Menggunakan make up saat berolahraga. (FOTO: klimg.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Banyak wanita yang tetap memakai make up saat berolahraga. Entah dengan alasan apa mereka tidak bisa meninggalkan make up saat berolahraga. Mungkin dengan alasan kurang percaya diri, atau malas membersihkan make up saat akan berolahraga.

Sebenarnya, tetap memakai make up saat berolahraga itu berbahaya atau tidak bagi kesehatan? Berikut ulasannya dilansir dari Dokter Sehat.

Menyebabkan Komedo
Berolahraga akan membuat kita banyak memproduksi keringat. Hal ini tentu akan membuat pori-pori kulit terbuka lebar. Jika kulit wajah masih dipenuhi oleh make up, maka partikel bahan make-up ini bisa memasuki pori-pori wajah dan akhirnya menyebabkan masalah komedo.

Kulit Tidak Bisa Bernafas dengan Baik
Kulit wajah yang berkeringat akan membuat pori-pori terbuka dengan tujuan melancarkan sirkulasi udara dengan lebih baik. Adanya make up tentu akan menghalangi sirkulasi udara tersebut sehingga kulit wajah akan lebih beresiko terkena iritasi atau jerawat.

Berbahaya bagi Mata
Banyaknya keringat yang diproduksi saat berolahraga, khususnya pada wajah, akan membuat air keringat mengalir hingga ke mata. Jika kita memakai make up seperti eye liner, dikhawatirkan bahan kimia dari make up ini akan masuk ke dalam mata. Meskipun eye liner ini sudah berlabel water proof, tetap saja bahan kimianya bisa terbawa keringat dan akhirnya masuk ke mata.

Memicu Peradangan
Keringat yang tercampur dengan bahan kimia kosmetik ternyata bisa memicu peradangan pada kulit. Apalagi jika bahan kosmetik ini juga mengandung bahan pewangi.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita tidak memakai make up sebelum melakukan olahraga. Tak hanya itu, sebaiknya kita juga tidak menggunakan produk pembersih wajah, khususnya yang memakai bahan pewangi sebelum melakukan latihan fisik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES