Peristiwa Internasional

Selesaikan Konflik Suriah, Putin dan Trump Sepakat Tak Gunakan Militer

Sabtu, 11 November 2017 - 23:00 | 37.74k
Konflik Suriah. (FOTO: SINDOnews)
Konflik Suriah. (FOTO: SINDOnews)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pertemuan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump di Danang Vietnam, Sabtu (11/11) sepakati beberapa hal soal penyelesaian politik tanpa peran militer pada konflik dan peperangan di Suriah.

Sebuah keterangan tertulis pada Sabtu (11/11) dari Pemerintah Rusia menyatakan pernyataan bersama antara Rusia dan AS soal Suriah tersebut adalah hasil koordinasi Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Rex Tillerson.

Sementara Gedung Putih belum mengeluarkan pernyataan resminya soal pembicaraan di antara kedua tokoh tersebut di sela-sela pertemuan puncak Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) di kota Danang, Vietnam.

Putin dan Trump juga sepakat soal upaya bersama memerangi sisa kekuatan IS di kawasan Timur Tengah. Dalam posisi IS semakin terdesak di Suriah, perhatian dunia kini tertuju pada perang yang lebih luas antara kelompok Presiden Bashar al Assad dengan anasir gerilyawan.

Kedua kepala negara mengakui kedaulatan Suriah, kemerdekaan, keutuhan wilayah, dan mendesak semua pihak yang terlibat dalam konflik di Suriah untuk terlibat aktif dalam proses politik di Jenewa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES