Rabu, 19 September 2018
Peristiwa - Daerah

Konjen RI San Francisco Ajak Pengusaha Amerika ke Bondowoso

Konjen RI San Francisco Ajak Pengusaha Amerika ke Bondowoso Bupati Bondowoso bersama Konsulat RI Bidang Ekonomi di Konjen RI San Francisco. (FOTO: Sofy/TIMES Indonesia)
Jum'at, 10 November 2017 - 21:56

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dalam rangka menjajaki kerjasama ekspor kopi di Indonesia, Konsulat Jendral (Konjen) RI di San Francisco mengajak lima warga negara Amerika berkunjung ke Bondowoso.

"Yang kita bawa ada lima, tapi yang tertarik pada kopi Bondowoso ini ada tiga yakni suami istri yang punya kedai kopi juga seorang blogger di Portland, Oregon dan satunya lagi adalah seorang importir," tutur Hanggiro Setiabudi selaku Konsulat RI bidang Ekonomi di Konjen RI San Francisco, Jumat (10/11/2017).

Hanggiro mengungkapkan sektor kopi di Amerika berkembang cukup pesat. Melihat hal tersebut, pihak Konjen RI menangkap peluang kerjasama bisnis yang bisa dijajaki mengingat Indonesia juga merupakan eksportir kopi terbesar di dunia.

"Pertumbuhan kedai-kedai kopi di Amerika saat ini pesat sekali, terutama di Seattle dan California utara. Kami melihat ada peluang itu," ungkap Hanggiro.

Ia mengatakan pemilihan Bondowoso sebagai daerah tujuan didasari pada beberapa hal. Selain kopi Bondowoso yang memiliki cita rasa terbaik, Bondowoso kata dia sukses mengembangkan pertanian kopi berbasis kerakyatan yang memberdayakan para petani lokal. 

"Kita juga mau kasih lihat bahwa di Indonesia pengelolaan kopi bukan oleh industri-industri besar tapi memberdayakan petani yang sudah sangat maju," katanya. 

Sementara itu, Bupati Bondowoso Amin Said Husni menyambut baik kedatangan para rombongan tamu Amerika yang didampingi Asosiasi Kopi Spesial Indonesia (AKSI). Ia juga berharap ketertarikan pada kopi Bondowoso ini bisa memperluas pintu bagi kopi Bondowoso di pasar kopi internasional. 

"Mudah-mudahan kopi Bondowoso bisa terus berkembang dan pasarnya semakin luas," ujarnya.

Dalam pertemuan tersebut, hadir Wakil Ketua AKSI Daroe Handojo dan beberapa anggota AKSI lain. (*)

Jurnalis : Aminatus Sofya
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Bondowoso

Komentar

Registration