Peristiwa - Daerah Bondowoso Republik Kopi

Warga Negara Amerika Tertarik Beli Kopi Bondowoso

Warga Negara Amerika Tertarik Beli Kopi Bondowoso Pertemuan pembeli kopi Bondowoso asal Amerika dengan Bupati Bondowoso Amin Said Husni. (FOTO: Sofy/TIMES Indonesia)
Jum'at, 10 November 2017 - 19:08

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tiga orang warga negara Amerika berkunjung ke Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, dan menyatakan minatnya membeli kopi Arabika Java Ijen-Raung.

"Mereka ini salah satunya adalah suami istri yang memiliki sebuah kedai di Portland, Oregon. Selain itu mereka juga blogger yang followernya cukup banyak di media sosial," tutur Wakil Ketua Asosiasi Kopi Spesial Indonesia (AKSI), Jumat (10/11/2017).

Daroe mengungkapkan pemilihan Bondowoso didasarkan pada beberapa hal, salah satunya kopi Bondowoso merupakan yang terbaik di Indonesia dan dikelola secara baik dari hulu hingga hilir.

"Kami juga mau mengenalkan bahwa kopi terbaik Indonesia itu bukan cuma Gayo, Toraja atau Kintamani. Tapi juga ada Bondowoso yang merupakan salah satu kopi tertua dan terbaik," katanya. 

Sementara itu, Joshua selaku pengusaha Amerika mengatakan dirinya tertarik membeli kopi arabika yang berasal dari Jawa.

Kopi-Bondowosowls0X.jpg

Menurutnya, kopi arabika jawa memiliki karakteristik yang berbeda dan cita rasa yang cocok dengan lidah masyarakat Oregon.

"Di kedai saya sebelumnya memang sudah menjual kopi Indonesia seperti kopi jahe, kopi susu, dan bandrex. Kita memang mempunyai ketertarikan khusus pada kopi Indonesia," ujarnya.

Joshua mengaku dirinya telah mencoba kopi dari berbagai daerah termasuk Myanmar, Brazil, dan negara lainnya.

Kopi-Bondowoso-2u8W74.jpg

"Tapi saya rasa kopi Indonesia cita rasa unik dan berbeda dari negara lain," ungkap Joshua.

Rencananya, Joshua dan rombongan AKSI beserta Konsulat Jendral RI di San Francisco, Hanggiro Setiabudi akan mengunjungi salah satu produsen kopi untuk melihat langsung proses pembuatan kopi. (*)

Jurnalis : Aminatus Sofya
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Bondowoso

Komentar

Registration