Rabu, 12 Desember 2018
Kuliner Rekomendasi TIMES Lovers

Gado-Gado di Sini Bikin Perut Keroncongan, Berani Coba?

Rabu, 08 November 2017 - 10:33

TIMESINDONESIA, BATU – Kota Wisata Batu (KWB) siang ini cukup terik. Perut memang lapar. Minta diisi. Tapi DJ-008 sedang tak ingin makanan yang berat. 

Setelah berkeliling di seputar alun-alun KWB, sampailah di Pasar Laron. Pasar ini terletak di sebelah selatan alun-alun KWB Jalan Sudiro. Disebut Pasar Laron, lokasi ini ramai dikunjungi banyak orang pada sore hingga malam hari. Bahkan menjelang dini hari.

Pasar Laron tempat pedagang kaki lima (PKL) menjajakan dagangannya. Kebijakan Pemerintah Kota Batu, para PKL dilokasir dalam satu tempat ini. Agar tidak meluber, menggunakan trotoar yang menjadi hak pejalan kaki. 

Pagi hingga siang hari, tetap ada yang berjualan. Utamanya, PKL ini menjual makanan, minuman dan jajanan. Mulai dari soto, bakso, lalapan, penyetan, gorengan, nasi empok, nasi pecel, cilok sampai sempol. 

GadoGadoQxi1y.jpg

Nah, siang ini Gado-gado jadi pilihan DJ 008. Siapa yang tak kenal dengan makanan merakyat ini. Irisan tahu/tempe, kentang kukus, kol, selada, taoge dan telur yang disiram saus kacang bercita rasa manis gurih. Toping bawang goreng, emping melinjo dan krupuk sebagai pelengkap. Jangan lupa sambal. Bahan baku yang mudah didapat, menjadikan harga jualnya murah banget. 

Rekomendasi DJ-008 untuk TIMES Lovers kali ini, jatuh pada Warung Gado-gado Pak Tompo. Legend-nya kuliner gado-gado di KWB. Warung ini terkenal sejak tahun 1940. Lama banget, ya. Namun, warung ini memilih jam buka 09.00 - 15.00. Meskipun sudah beregenerasi, tapi rasanya pas. Kekhasan bumbunya tetap sama dengan awal dibuka. Tak pernah berubah.

Lapak sederhana ini berisi 3 meja dengan 5 bangku panjang. Gerobak dorong sebagai 'Show Case' bahan-bahan dasar gado-gado ini. Selebihnya, hidangan tersaji dalam waktu relatif singkat. Hanya dengan Rp 7 ribu, TIMES Lovers bisa menikmati gado-gado legend ini. Murah, kan?

Lezatnya gado-gado legend ini diakui oleh Ye Rachma, LG Level 8 yang hobi kuliner dan mbolang. "Very strategic location, in Pasar Laron nearby Alun² KWB. This is a local food market. This one is in business since 1940. Veggies are well-cook, the peanut sauce is good and tasty. It always serves warm and makes the dish more delicious." ulasnya dengan memberi 5 bintang apresiasi di kuliner ini.

Susilo Trimulyanto juga mengamini ulasan sebelumnya. Local Guide yang telah mereview 2.099 tempat wisata, kuliner dan jasa ini menebar 5 bintang dan berkomentar
"Lokasi sangat bagus dan strategis banget. Berada di sekitar Alun Alun Kota Wisata Batu di area Pasar Laron Sudiro, sebuah tempat sebagai pusat kuliner yang mudah dijangkau, murah meriah, lokasi aman nyaman dan pilihan menu juga banyak. So, pengunjung dan wisatawan ga usah khawatir".

Pak-TompoGD9un.jpg

Ada juga Juwarni Pawuh, LG yang sedikit kecewa karena porsi gado-gadonya bikin ketagihan. 
"Enak bumbunya, tapi porsinya sedikit." ulas LG level 8 ini singkat dan kritis. Terkesan bawaannya pengen nambah aja, ya.

Oke, guys. Udah kenyang makan gado-gadonya. Tunggu rekomendasi DJ TIMES Lovers selanjutnya, ya. See ya. (*)

Jurnalis : Yeni Rachmawati (DJ-008)
Editor : AJP-1/DJ-007
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Registration