Pendidikan

Cermin Keberagaman Budaya Hadir di Wisuda Unikama

Sabtu, 21 Oktober 2017 - 17:03 | 50.34k
Busana daerah yang dikenakan pada wisuda semester genap Unikama, Sabtu (21/10/2017) di Gedung Sarwakirti. (Foto: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Busana daerah yang dikenakan pada wisuda semester genap Unikama, Sabtu (21/10/2017) di Gedung Sarwakirti. (Foto: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Suasana wisuda semester genap tahun akademik 2016/2017 Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) tampak berbeda dengan hadirnya nuansa keragaman budaya nusantara.

Hal itu tercermin dari ragam busana daerah dikenakan panitia dan para pendukung acara. Tak hanya itu, dalam  rangkaian acara wisuda, terselip penampilan seni budaya bangsa melalui musik, gerak tari dan olah suara.

Ketua panitia wisuda Dr Vinus Maulina MM menuturkan, pihaknya berusaha menonjolkan ragam budaya sebagai wujud rasa menghargai dan menghormati sebagai sesama anak bangsa.

"Ini menunjukkan keragaman budaya. Memang kampus kita slogannya Kampus Multikultural. Mahasiswanya berasal dari berbagai daerah dan suku di Indonesia," ujarnya, Sabtu (21/10/2017).

BACA JUGA: Semester Genap, Unikama Wisuda 993 Mahasiswa

Ini senada dengan keinginan yang disampaikan Rektor Unikama Dr Pieter Sahertian MSi, bahwa Unikama ingin menghadirkan tradisi akademik yang berbasis pada kearifan lokal.

Wisuda-UnikamaklU8V.jpgPaduan Suara Mahasiswa Unikama tampil dengan busana daerah.(Foto: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)

"Unikama ingin menghadirkan tradisi akademik melalui kajian keilmuan dan pengetahuan yang berbasis pada nilai-nilai kearifan lokal sesuai tagline multikultarisme," ucap Pieter dalam sambutannya.

Pada wisuda periode I semester genap ini, hadir pula Ketua PGRI Jatim Ichwan Sumadi dan Koordinator Kopertis Wilayah VII Prof Dr Ir Suprapto DEA. Selain itu, tampak hadir di Gedung Sarwakirti, tempat pelaksanaan wisuda, diantaranya pengurus Yayasan PPLP - PT PGRI Malang, Ikatan Keluarga Besar Alumni (Ikaba), dan civitas akademika Unikama.

Wisuda-Unikama-BDVnT9.jpgKesenian gamelan Jawa yang tampil pada wisuda Unikama. (Foto: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)

Wisuda semester genap ini mengukuhkan 993 wisudawan lulusan program ahli madya, sarjana, dan pascasarjana. Mereka berasal dari 6 fakultas dan program pascarsarjana Pendidikan IPS. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES