Peristiwa Daerah

Agus, Korban Pemasungan Bakal Dirujuk ke RSJ Lawang

Sabtu, 21 Oktober 2017 - 16:57 | 23.29k
Agus yang akan dirujuk ke RSJ Lawang (FOTO: Happy/ TIMES Indonesia)
Agus yang akan dirujuk ke RSJ Lawang (FOTO: Happy/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Publik tentu masih ingat dengan Agus Gusti Randa (21), pemuda yang tiga tahun terakhir dipasung keluarganya. Dalam waktu dekat, putra sulung pasangan Kurnadi dan Lilik ini akan dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa Lawang, Malang, Jawa Timur.

Kepastian itu didapat setelah Kapolresta Probolinggo, Psikiater RSUD Dr Moch Saleh, serta perwakilan dari Puskesmas Kedopok, mengunjungi kediamannya. Di RT4/RW4 Kelurahan Sumberwetan, Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggo, Sabtu (21/10/2017) siang.

Dalam kunjungan tersebut, tim gabungan itu mengorek sejumlah informasi dari orang tua Agus, serta melihat langsung kondisinya.

“Kalau dari keterangan orang tuanya, si Agus ini tidak mau berkomunikasi. Tapi setelah kami dekati, kami berikan makanan dan minuman, yang bersangkutan ternyata bisa berkomunikasi. Boleh dikata, selama ini mungkin kurang perhatian saja,” Kata Kapolresta Probolinggo, AKBP Alfian Nurrizal.

Sementara itu, berdasarkan pemeriksaan secara fisik, diketahui tulang dada Agus mengalami pergeseran. Sehingga menonjol di bagian kiri. “Jelas ini terjadi kekurangan asupan gizi. Hal ini harus diperbaiki terlebih dahulu. Selanjutnya, baru bisa ditangani masalah kejiwaannya,” ujar Alfian.

Dalam waktu dekat, pihak kepolisian bersama dengan dinas terkait, akan merujuk Agus ke RSJ Lawang. Dengan harapan, Agus bisa kembali normal dan dapat menjalani kehidupan seperti semula.

Seperti diberitakan sebelumnya, Agus Gusti Randa, di pasung keluarganya selama tiga tahun terakhir. Hal itu setelah yang bersangkutan mengalami overdosis pil koplo, hingga mengamuk tidak karuan. Agus juga kerap meracau dan pergi dari rumah dan tidak kembali. Karena pertimbangan itulah, keluarga kemudian memasungnya di kamar belakang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Probolinggo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES