Politik

16 Parpol Daftarkan Diri ke KPUD Bondowoso

Jumat, 20 Oktober 2017 - 20:37 | 65.01k
DPC PKB Bondowoso saat mendaftar dan menyerahkan berkas ke KPUD Bondowoso sebagai persyaratan mengikuti Pemilu 2019 pada Senin (16/10/2017). (FOTO: Dok/Sofy TIMES Indonesia)
DPC PKB Bondowoso saat mendaftar dan menyerahkan berkas ke KPUD Bondowoso sebagai persyaratan mengikuti Pemilu 2019 pada Senin (16/10/2017). (FOTO: Dok/Sofy TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Hingga ditutup pada Senin (16/10/2017), sebanyak 16 Partai Politik (Parpol) yang akan mengikuti Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 telah mendaftar di Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bondowoso.

Komisioner KPUD Bondowoso, Junaidi, Jumat (20/10/2017) menyebutkan, 16 parpol yang mendaftar terdiri dari dua belas parpol lama dan empat parpol baru. 

Dua belas Parpol lama tersebut diantaranya adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Nasional Demokrat (Nasdem), Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrat. Partai Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dan Partai Bulan Bintang.

"Untuk partai baru ada empat partai yakni Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Berkarya, dan Partai Garuda," katanya. 

Ia menambahkan 16 Parpol yang telah mendaftar ini telah diberikan tanda terima penyerahan salinan berkas untuk kemudian dilakukan verifikasi oleh KPUD Bondowoso. 

Selain verifikasi berkas kata dia, nantinya KPUD juga akan melakukan verifikasi faktual dengan langsung turun ke lapangan. 

"Lolos atau tidaknya suatu Parpol untuk mengikuti Pemilu 2019 mendatang menjadi kewenangan KPU RI. Kami hanya bertugas melakukan verifikasi apakah berkas yang diserahkan sesuai dengan fakta dan kemudian membuat laporan hasil verifikasi ke KPU RI," imbuhnya. 

Dari berkas yang diserahkan, Partai Gerindra merupakan Parpol yang menyerahkan salinan berkas dengan keanggotaan paling banyak. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Bondowoso

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES