Peristiwa Daerah

KTT Panca Taruna Purbalingga Dapat Kunjungan Wagub Jateng

Jumat, 20 Oktober 2017 - 17:04 | 69.13k
Wakil Gubernur Jawa Tengah Drs H Heru Sudjatmoko, Msi, (kanan Depan) saat berkunjung ke KTT Panca Taruna Desa Panican, Kamis (19/10/2017) kemarin (foto: Khozin For Purbalingga TIMES)
Wakil Gubernur Jawa Tengah Drs H Heru Sudjatmoko, Msi, (kanan Depan) saat berkunjung ke KTT Panca Taruna Desa Panican, Kamis (19/10/2017) kemarin (foto: Khozin For Purbalingga TIMES)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kelompok Tani Ternak (KTT) Panca Taruna Desa Panican, Kecamatan Kemangkon, Purbalingga, Jawa Tengah mendapat kunjungan Wakil Gubernur Jawa Tengah Drs H Heru Sudjatmoko, Msi, pada hari Kamis (19/10/2017) kemarin sore.

Ketua KTT Panca Taruna Desa Panican, Khozin (27), menceritakan kegiatan itu merupakan rangkaian kunjungan kerja Wagub Jateng di Kabupaten Purbalingga.

Dan kunjunganya di KTT Panca Taruna Desa Panican karena pada 17 Juli 2017 yang lalu KTT Panca Taruna mendapatkan bantuan Pemprov sebanyak 24 ekor Kambing PE, 20 ekor betina dan 4 ekor jantan.

Menurutnya, Wakil Gubernur merasa senang, karena ternak terawat dengan baik. Lahan hijauan juga mencukupi bahkan lebih. Perhatian dari Pemerintah Desa Panican dan Pemerintah Kabupaten Purbalingga dan Dinas Pertanian juga dinilai baik.

“Beliau sempat berpesan, semoga sukses Mas Khozin, rawat terus dengan baik, dan semoga dapat berkembang dan jadi rizki yang berkah,” kata Khozin, yang juga berprofesi Guru di MIM Panican ini, Jumat (20/10/2017).

Ke depan, lanjutnya, KTT Panca Taruna Desa Panican dapat mewujudkan sebagai lokasi agro wisata. Kususnya dalam mengenalkan susu kambing, karena susu kambing ternyata memiliki manfaat yang banyak, bahkan lebih banyak dari susu sapi.

“Alhamdulillah, sejak KTT Panca Taruna bediri pada tanggal 2 Pebruari  2015 dengan 11 peternak bisa meningkatkan pendapatan keluarga. Mulai dari anak dan susunya serta kotoran kambingnya,” terangnya.

Selain itu, Khozin juga berencana akan menjadikan kotoran kambing sebagai pupuk organik, dengan mengintegrasikan peternakan dan pertanian. Mengingat kondisi tanah yang sudah sedemikan rusak. Dan terlalu banyak kandungan kimia akibat penggunaan pupuk kimia serta penggunaan bahan kimia lainnya.

“Dan Integrasi Ternak Pertanian adalah upaya menyelamatkan tanah yang sudah sedemikian rusak. Jangan sampai kita mewariskan Sumber Daya Alam yang rusak. Mari kita berupaya meningkatkan generasi SDM yang lebih baik, berikut SDA-nya,” katanya.

Wagub Jateng beserta rombongan saat melakukan kunjungan di KTT Panca Taruna Desa Panican, juga meninjau lokasi atau Kandang dan Lahan Hijauan Pakan Ternak (HPT) Kawasan Pengembangan Budidaya Kambing Peranakan Etawa.

Turut mendampingi Wagub Jateng dalam acara tersebut, Kadin Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jateng dan Pejabat Provinsi lainnya, Dinas Pertanian Kabupaten Purbalingga, Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Kemangkon dan Camat Kemangkon Pemdes Panican.

Kemudian Pengurus dan Anggota Kelompok Tani se-Desa Panican dan Pengurus dan Anggota KTT Panca Taruna Desa Panican serta Masyarakat Desa setempat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Purbalingga TIMES

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES