Peristiwa Nasional

Polri Berkomitmen Kawal Pemanfaatan Dana Desa

Jumat, 20 Oktober 2017 - 14:03 | 24.53k
Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian (Foto: TIMES Indonesia)
Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian (Foto: TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kepolisian Republik Indonesia kini bakal terlibat langsung dalam pencegahan, pengawasan dan penanganan masalah dana desa, demikian ditegaskan Kapolri Jendral Polisi Tito Karnavian.

Hal itu diutarakan Tito usai menandatangani nota kesepahaman (MoU) bersama Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Sandjojo dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

"Kami baru saja menandatangani MoU dengan Pak Eko dan Pak Tjahjo tentang pengawalan dana desa," ujarnya di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (20/10/2017).

Berlaku selama dua tahun sejak tanggal ditandatangani, nota kesepahaman ini sendiri merupakan pedoman bagi ketiga pihak untuk mencegah, mengawasi dan menangani permasalahan dana desa.

Semantara tujuan nota kesepahaman ini adalah agar terwujud pengelolaan dana desa yang efektif, efisien dan akuntabel melalui kerja sama yang sinergis di antara ketiga pihak di bidang pengawasan dan pencegahan permasalahan dana desa.

Melibatkan unsur Polri mulai bintara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat (babinkamtibmas), kepala kepolisian sektor (kapolsek) hingga kepala kepolisian resor (kapolres), nota kesepahaman ini mencakup lima aspek berikut: 

  1. Membina dan menguatkan kapasitas aparatur pemerintah daerah, desa dan masyarakat dalam mengelola dana desa
  2. Sosialisasi regulasi dalam mengelola dana desa
  3. Penguatan, pengawasan, pengelolaan dana desa
  4. Memfasilitasi bantuan pengamanan dalam mengelola dana desa
  5. Memfasilitasi penanganan masalah dan penegakan hukum terhadap pengelolaan dana desa dan peraturan data atau informasi dana desa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES