Kesehatan

Ingin Jantung Sehat, Hindari Kebiasaan Ini

Jumat, 20 Oktober 2017 - 06:21 | 35.44k
ILUSTRASI - Tips menjaga kesegatan Jantung (FOTO: vrachinadom, shutterstock)
ILUSTRASI - Tips menjaga kesegatan Jantung (FOTO: vrachinadom, shutterstock)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Jantung merupakan organ vital di dalam tubuh Anda, jadi Anda perlu membuatnya tetap sehat agar bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Pola makan yang buruk atau merokok sangat erat kaitannya dengan kesehatan jantung.

Anda mungkin akan berhenti merokok, diet sehat dan olahraga secara teratur untuk menjaga kesehatan jantung. Tapi itu saja belum cukup. Tahukah Anda bahwa gaya hidup juga bisa ikut andil dalam merusak jantung? Dilansir dari Meetdoctor, berikut ini lima kebiasaan yang tanpa sadar bisa merusak jantung.

Nonton Televisi
Meski Anda telah berolaraga secara rutin, namun kebiasaan Anda duduk berjam-jam di depan televisi, tetap saja Anda berisiko mengalami serangan jantung dan stroke. Pasalnya, kurang bergerak memberi pengaruh pada kadar lemak dan gula darah di dalam darah Anda.

Mendengkur
Kebiasaan tidur yang menyebalkan ini bisa menjadi sinyal dari sleep apnea, yang terkait dengan tekanan darah, aritmia, stroke dan gagal jantung.

Tidak Menjaga Kesehatan Mulut
Kebersihan gusi dan penyakit jantung memiliki hubungan yang dekat. Bakteria yang sama yang bisa menyebabkan penyakit gusi dapat masuk ke aliran darah dan mengakibatkan peradangan.

Kurang Buah dan Sayur
Tidak suka sayuran dan buah? Hati-hati risiko jantung bisa meningkat. Perlu Anda ketahui, tingkat risiko orang yang makan lima porsi buah dan sayur sehari, 20 persen lebih rendah mengalami penyakit jantung dan stroke, dibandingkan dengan mereka yang makan buah dan sayuran kurang dari tiga porsi sehari.

Minum Alkohol
Ada penelitian yang mengatakan bahwa minum sedikit alkohol bisa menyehatkan jantung Anda, tapi minum terlalu banyak akan meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, meningkatkan kadar lemak dan gagal jantung. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES