Peristiwa Nasional

Nilai Indeks Demokrasi Indonesia Tertinggi di Negara ASEAN

Kamis, 19 Oktober 2017 - 19:47 | 60.00k
ILUSTRASI: Demokrasi. (FOTO: Satu Jam)
ILUSTRASI: Demokrasi. (FOTO: Satu Jam)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Nilai total indeks demokrasi di Indonesia tertinggi secara konsisten dari tahun ke tahun dibandingkan negara-negara di rumpun ASEAN.

"Berdasarkan laporan Dewan HAM PBB, pada 2016, nilai total indeks Demokrasi Indonesia tertinggi di negara-negara rumpun ASEAN. Indonesia (6,97 persen), Filipina (6,94 persen), Malaysia (6,54 persen), Singapura (6,38 persen), Thailand (4,97 persen)," kata Tenaga Ahli Kedeputian V Kantor Staf Kepresidenan Theofransus Litaay dalam sebuah konferensi pers di Jakarta, Kamis (19/10).

Dewan HAM PBB memberikan apresiasi melalui laporan kelompok kerja Universal Periodic Review pada 2017 terhadap kinerja pemerintah Indonesia di bidang Hak Asasi Manusia (HAM). Dalam laporan tersebut disebutkan bahwa Indonesia memiliki komitmen yang kuat dalam menjunjung tinggi kebebasan berpendapat dan berekspresi.

Pada April 2017, hampir 42 juta jiwa penduduk Indonesia menggunakan hak suaranya di 101 pemilihan langsung di tingkat lokal. Keseluruhan pemilihan tersebut diselenggarakan dengan cara yang bebas, inklusif, dan damai. Proses demokratis tersebut memperkuat posisi HAM di Indonesia.

Namun, lanjut Theofransus, ada pekerjaan rumah yang belum selesai. Salah satunya penyelesaian HAM masa lalu. "Penyelesaian HAM masa lalu, menjadi bagian dari program pemerintah dengan instansi yang berwenang termasuk Kejaksaan Agung," kata dia.

Sementara pemenuhan hak-hak ekonomi, sosial dan budaya telah dijalankan pemerintah melalui berbagai program jaminan sosial seperti Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Indonesia Pintar, penyediaan rumah layak dan sebagainya.

Pada sisi lain, sistem hukum terus diperbaiki melalui kehadiran Satgas Saber Pungli, pembentukan Satgas penyelundupan, revitalisasi lembaga pemasyarakatan.

"Pembangunan ekonomi secara massif untuk pemerataan pembangunan membutuhkan sistem hukum yang adil bagi seluruh warga negara. Pemenuhan Hak Asasi Manusia menjadi syarat utamanya," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES