Peristiwa Daerah Indonesia Membaur

Cerita Gadis Cantik Jadi Danton Lomba PBB Piala Pangdam V/Brawijaya

Kamis, 19 Oktober 2017 - 13:55 | 293.97k
Elok Indah Fifid Lestari Danton SMKN 13 Malang saat di wawancarai wartawan (FOTO: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Elok Indah Fifid Lestari Danton SMKN 13 Malang saat di wawancarai wartawan (FOTO: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Membaur

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Penampilan gagah, tegas dan lantang telah menjadi salah satu ciri komandan pleton (Danton) pasukan di dalam Peraturan Baris Berbaris (PBB). Karakteristik yang sering kali indentik oleh para pria ini, membuat kebanyakan posisi Danton diisi oleh para pria. 

Namun, berbeda dengan kebanyakan, terdapat sosok gadis yang ternyata bisa menjadi Danton dalam Lomba PBB Kreasi Piala Pangdam V/Brawijaya. Gadis cantik ini bernama Elok Indah Fifit Lestari S. 

Elok menjadi Danton pasukan SMK Negeri 13 Malang. Tampil dengan tegas, Elok memimpin para rekannya yang kebanyakan didominasi para pria.

"Hormat grak," kata Elok saat memimpin pasukan di lapangan GOR Ken Arok, Kota Malang, Kamis (19/10/2017).

Putri pasangan Sufatma dan Suyadi ini, merupakan siswa kelas XII Jurusan Pelayaran. Di tengah persiapan Ujian Akhir Nasional (UAN), Elok tetap tampil maksimal untuk memberikan dedikasi pada sekolahnya.

"Saya ingin menampilkan yang terbaik di tahun terakhir untuk teman-teman dan sekolah saya," katanya usai tampil.

BACA JUGA: Target Rebut Piala Pangdam, Ini Persiapan Peserta Lomba PBB Kreasi

Elok mengaku di tahun terakhir, sebenarnya ia sudah diharuskan fokus untuk mempersiapkan diri jelas UAN oleh gurunya. Namun, ia tetap memilih tampil ikut serta hingga akhirnya, tetap mendapatkan semangat dan dukungan dari sekolah, teman, dan keluarganya.

Ia juga menceritakan awalnya suka PBB  karena sangat kagum dengan penampilan Paskibraka. Berawal dari itu, ia mulai mencoba ikut Paskibraka di kelas X. 

lomba-manehbirinZJOYu.jpg

Kedisiplinan dan latihan keras tiap hari ketika itu, akhirnya berhasil membawanya menjadi Paskribaka Kota Malang di tahun 2016. Setelah itu, ia dipercaya mengikuti berbagai lomba PBB dan menjadi Danton.

BACA JUGA: Tak Ingin Kalah, Pleton Siswi Ini Juga Bertanding di Lomba PBB Kreasi

Menjadi Danton, awalnya bukan keinginan Elok. Namun, karena ia diberikan kepercayaan oleh pembinanya, Elok berusaha melaksanakan tugas sebaik mungkin.

Elokadhityaq65wE.jpgElok Indah Fifid Lestari Danton SMKN 13 Malang (FOTO: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)

"Sebelumnya, Dantonnya cowok tapi karena pembina ada pertimbangan lain, maka diganti saya," terangnya. 

Elok mengatakan memimpin laki-laki di kesatuannya, tidaklah mudah. Sebab, pasukan laki-laki di pletonnya kadang sulit diatur. Meski demikian, ia tetap sabar dan berusaha dengan baik.

"Pertama saya bangga bisa jadi Danton. Tapi di balik itu harus sabar, karena gak gampang apalagi saya cewek. Kuncinya harus sabar, dan tegas," katanya.

Dalam pertandingan ini, Elok sendiri berharap bisa menampilkan yang terbaik, dalam memeriahkan HUT TNI dan GM FKPPI. Ia juga optimis, kedisiplinan, dan kekompakannya bisa mendapatkan hasil maksimal.

"Saya berharap kami tidak hanya dapat juara tapi tampil terbaik di peringatan HUT TNI," tandas siswi yang berencana melanjutkan ke Akademi Pelayaran tersebut.

Seperti yang diketahui, lomba PBB Kreasi Piala Pangdam V Brawijaya adalah lomba antar Pelajar tingkat SLTA, SMK, dan MA se-Jawa Timur. Yang dilombakan meliputi unsur Parade, Upacara, dan Devile.

LOMBA-SMKAN-13-MALANG2wbIW.jpg

Perlombaan yang lahir dari inisiatif dari Pangdam V Brawijaya ini akan dilaksanakan pada tanggal 18 sampai 23 Oktober mendatang.

Untuk 30 Finalis Defile dan Parade dengan Irup Pangdam akan dilaksanakan 23 Oktober 2017, di lapangan Rampal Kota Malang.

Adapun total hadiah dari lomba tersebut adalah uang tunai senilai Rp 170 juta. Lomba itu, untuk memperebutkan piala Pangdam V Brawijaya dan PD XIII GM FKPPI Jawa Timur. 

Penyelenggara dari "Indonesia Membaur 2017" adalah, Kodam V, Korem 083 BDJ, Rindam V Brawijaya, PD XIII GM FKPPI Jatim , Gelora 171717 dengan Support TIMES Indonesia, Malang Post dan IJTI Pengda Jatim.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Ahmad Sukmana
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES