Gaya Hidup

Sering Mimpi Buruk? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Kamis, 19 Oktober 2017 - 05:41 | 51.12k
ILUSTRASI. Mimpi buruk. (FOTO: huffpost.com)
ILUSTRASI. Mimpi buruk. (FOTO: huffpost.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Mimpi buruk? Pernahkah Anda mengalaminya? Sebenarnya setiap orang tentu pernah mengalami mimpi buruk. Entah itu mimpi dikejar hantu, jatuh ke jurang, ditikam pisau, atau lainnya. Dalam dunia medis, mimpi buruk tergolong parasomnia. Parasomnia adalah gangguan tidur yang melibatkan kejadian tak diinginkan pada seseorang yang hendak, sedang, atau terbangun dari tidur.

Lalu apa sebenarnya penyebab mimpi buruk? Dilansir dari Klik Dokter, berikut beberapa hal yang menyebabkan seseorang mengalami mimpi buruk.

Gangguan Mental
Gangguan mental seperti depresi dan kecemasan dapat membuat seseorang mengalami mimpi buruk. Post traumatic stress disorder (PTSD) adalah salah satu penyebabnya. Gangguan PTSD merupakan gangguan mental akibat trauma setelah mengalami kejadian tertentu yang mengancam hidup seseorang.

Penggunaan Obat-obatan Tertentu
Beberapa obat yang memengaruhi zat kimia dalam otak berisiko menyebabkan mimpi buruk. Obat-obat tersebut yakni obat antidepresan dan narkotika. Beberapa obat penurun tekanan darah juga berisiko menyulut mimpi buruk. Berhenti dari ketergantungan obat atau alkohol pun bisa memicu mimpi buruk.

Kelelahan dan Kurang Nutrisi
Kebiasaan makan ternyata berhubungan dengan mimpi buruk. Sebuah penelitian mengungkapkan, orang yang mengonsumsi banyak karbohidrat di malam hari sebelum tidur dapat meningkatkan aktivitas otak dan metabolisme tubuh. Hal ini memicu mimpi buruk. Jika kelelahan dan kurang tidur, Anda pun berisiko mengalami mimpi buruk. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES