Gaya Hidup

Atasi Malas Mengerjakan Tugas dengan Cara Ini

Kamis, 19 Oktober 2017 - 01:18 | 515.71k
ILUSTRASI. Malas menyelesaikan pekerjaan. (FOTO: cmoney.tw)
ILUSTRASI. Malas menyelesaikan pekerjaan. (FOTO: cmoney.tw)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Rasa malas adalah sisi buruk setiap pekerja. Awalnya hanya menunda selama lima menit, lalu setengah jam lagi, begitu seterusnya hingga akhirnya Anda menyadari bahwa tenggat waktu di depan mata.

Sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas Colorado Boulder di Amerika Serikat, Daniel Gustavson, mengungkapkan bahwa kecenderungan seseorang untuk menunda pada dasarnya adalah hasil dari cara yang berbeda dari setiap individu dalam memproses sebuah tindakan atau tujuan. 

Meski rasa malas adalah hal yang umum terjadi, bukan berarti Anda tidak harus berusaha menghilangkannya. Dilansir dari Tempo, berikut lima tips untuk mengatasi rasa malas dan senang menunda.

Makan Siang di Luar Kantor
Seorang psikolog yang tersertifikasi di British Psychological Society atau Persatuan Psikolog Inggris, Dr. Gary Wood, mengatakan bahwa penurunan produktivitas kerja yang terjadi setelah jam makan siang adalah fenomena yang banyak dialami oleh pekerja di dunia.

Untuk menghindarkan para pekerja dari rasa malas atau mengantuk, ia menyarankan untuk tidak menyantap makanan yang kelewat berat hingga kekenyangan. Ia juga menyarankan untuk mencari tempat makan siang di luar kantor untuk mendapatkan udara segar dan suasana berbeda dari lingkungan kerja.

Kerjakan Tugas yang Sulit Terlebih Dahulu
Dr. Wood mengatakan manusia memiliki waktu-waktu dengan kekuatan maksimal yang biasanya datang pada pagi hari ketika perhatian seseorang masih terjaga penuh. Pada saat itu, sebaiknya Anda manfaatkan dengan mengerjakan tugas yang sulit terlebih dulu.

Membagi Tugas Menjadi Lebih Kecil
Ketika mendapat sebuah tugas besar, kadang Anda tak tahu harus memulai dari mana. Seorang psikolog sekaligus pendiri Konsultan Psikologi Minding Me di Inggris, Dr. Sarah Connell, menyarankan para pekerja untuk membagi tugas besar menjadi tugas-tugas kecil. Tujuannya, selain memotivasi untuk mengerjakan pekerjaan yang diberikan, juga memberi Anda semangat tambahan.

Membuat Pengingat Waktu Bekerja
Membuat pengingat waktu penting untuk menyelesaikan tugas-tugas. “Tetapkan pengingat waktu, misalnya selama satu jam sekali, dan periksa daftar pekerjaan yang seharusnya Anda selesaikan selama satu jam tersebut. Ini akan merangsang produktivitas,” tutur Dr. Wood.

Buat Jadwal Penyelesaian Tugas
Menurut pendiri perusahaan pembinaan pekerja Think Productive di Inggris, Graham Allcott, perencanaan tugas dengan tenggat waktu dapat membantu pekerja untuk menyelesaikan tugasnya tepat waktu.

“Saya akan mendorong untuk menuliskan semua hal yang sedang atau ingin Anda kerjakan lalu tuliskan bagaimana dan kapan Anda akan mencapainya. Selama Anda secara konsisten mengambil langkah kecil menuju tujuan, hal itu akan segera menjadi kenyataan,” ujar Graham. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES