Peristiwa Daerah

Wajibkan Konten Lokal di Lomba Bercerita SD/MI se-Kota Batu

Rabu, 18 Oktober 2017 - 21:11 | 126.77k
Ilustrasi: Penampilan peserta asal Kota Batu pada Lomba Bercerita siswa SD/MI se-Jawa Timur tahun 2017 di Surabaya. (FOTO: Dok. Argo Wasito )
Ilustrasi: Penampilan peserta asal Kota Batu pada Lomba Bercerita siswa SD/MI se-Jawa Timur tahun 2017 di Surabaya. (FOTO: Dok. Argo Wasito )

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Lomba bercerita menjadi agenda rutin pada setiap peringatan HUT Kota Batu. Lomba yang diikuti siswa SD/MI se-Kota Batu ini mewajibkan peserta mengangkat cerita-cerita lokal yang berasal dari Kota Batu.

Menurut Argo Wasito, staf Bidang Pengembangan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batu, konten lokal bisa mengenai sejarah desa /kelurahan, atau hal-hal lain yang ada di Kota Batu.

"Ceritanya bisa agak fiksi dan nyata. Ceritanya harus berasal dari buku-buku yang ada di perpustakaan," ujar Argo kepada timesindonesia.co.id, Rabu (18/10/2017).

Lomba yang sudah diadakan sejak lima tahun lalu ini untuk menumbuhkan minat baca anak-anak.  Selain itu juga menanamkan nasionalisme dengan mencintai budaya lokal. Dengan mewajibkan peserta untuk bertutur konten lokal, diharapkan tumbuh kecintaan terhadap sejarah dan budaya setempat.

Mengenai kriteria lomba, kata Argo, meliputi penyampaian cerita, intonasi, kostum, dan pembawaan. "Ada tanya jawab antara peserta dan juri untuk mengetahui pemahaman peserta terhadap isi cerita," imbuhnya.

Masing-masing peserta diberi kesempatan bercerita selama 10 menit ditambah tanya jawab 5 menit. Juri akan mengambil 5 peserta terbaik untuk dilombakan kembali pada hari yang sama.

Argo menambahkan, penyelenggara lomba menghadirkan tiga juri, salah satunya Ninik Hamidah, pendongeng dari Kota Malang. Kegiatan ini akan berlangsung Kamis (19/10/2017) besok. 

Tercatat hingga hari ini sudah 45 peserta yang mendaftar sebagai peserta. Setiap sekolah mengirim satu siswa sebagai peserta. "Maksimal siswa kelas 5, karena nanti pemenangnya dikirim lomba tingkat provinsi tahun depan," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Batu

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES