Peristiwa Daerah

Kemenpar Tumbuhkan Semangat Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona

Rabu, 18 Oktober 2017 - 20:53 | 46.11k
Anggota Pokdarwis melaksanakan gerakan bersih-bersih di wisata Hutan Pinus,Kecamatan Songgon, Banyuwangi, Selasa (17/10/2017). (FOTO: Dian Effendi/TIMES Indonesia)
Anggota Pokdarwis melaksanakan gerakan bersih-bersih di wisata Hutan Pinus,Kecamatan Songgon, Banyuwangi, Selasa (17/10/2017). (FOTO: Dian Effendi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI menggelar kegiatan Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (17/10/2017). Ratusan anggota kelompok sadar wisata (Pokdarwis) diberi pemahaman tentang pentingnya menjaga kebersihan tempat wisata.

Bertempat di Wisata Hutan Pinus, Kecamatan Songgon, acara dibuka dengan pagelaran kesenian khas Bumi Blambangan. Hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banyuwangi, MY Bramuda, Camat Songgon, Wagianto, dan Kasubid Pengembangan Sadar Wisata Kemenpar RI, Arum Damarintyas.

Pada kesempatan itu, Arum mengingatkan pentingnya menjaga kebersihan dan tersedianya toilet bersih di tempat wisata.

“Dampaknya akan memberi kenangan yang baik kepada wisatawan dan membuat mereka tertarik untuk datang kembali,” ungkap Arum.

Selain itu, lanjut Arum, pengunjung akan getok tular kepada keluarga atau kerabat menceritakan tentang keindahan dan kebersihan tempat wisata yang pernah dikunjungi.

Dan sebaliknya, jika pengelola atau masyarakat sekitar tempat wisata tidak mengindahkan kebersihan, akan memberi citra negatif bagi wisatawan dan lambat laun akan ditinggalkan pengunjung.

Untuk mendukung program itu, Disbudpar Banyuwangi telah mengambil langkah-langkah konkret. Salah satunya dengan gerakan kebersihan sebelum maupun usai jam kunjungan di tempat wisata yang ada di Banyuwangi.

“Kami juga menggandeng komunitas Osoji untuk menggalakkan perilaku bersih dan sehat. Bahkan nantinya sampah akan dikelola dan bisa dijadikan souvenir,” ujar Kepala Disbudpar Banyuwangi, MY Bramuda.

Selama ini, kata Bramuda, Pemkab Banyuwangi telah memberikan bantuan alat kebersihan dan fasilitas penunjang, seperti payung dan kursi pantai dan membangun MCK di tempat wisata yang dikelola Pemkab.

Dalam acara tersebut, seluruh anggota Pokdarwis melaksanakan kegiatan bersih-bersih di kawasan wisata Hutan Pinus. Mereka dibagi menjadi tiga kelompok dengan area yang berbeda untuk dibersihkan.

Kemenpar RI juga memberikan bantuan berupa alat-alat kebersihan, seperti sapu lidi dan tempat sampah kepada Pokdarwis. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Banyuwangi

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES