Peristiwa Daerah

Tingkatkan Kualitas Lewat Lomba Perpustakaan

Rabu, 18 Oktober 2017 - 20:03 | 90.63k
Petugas perpustakaan merapikan buku di Perpustakaan Kota Batu. (FOTO: Ferry/ TIMES Indonesia)
Petugas perpustakaan merapikan buku di Perpustakaan Kota Batu. (FOTO: Ferry/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menumbuhkan minat baca dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas perpustakaan yang ada, baik sekolah maupun di desa/kelurahan.

Upaya tersebut yang tengah dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batu. Salah satunya dengan menggelar lomba perpustakaan se-Kota Batu.

Pada tahun ini, lomba perpustakaan  diikuti SMP/MTs, SMA/SMK/MA, dan desa/kelurahan. Melalui serangkaian tahapan, panitia telah memutuskan 5 besar dari masing-masing kategori tersebut.

Seleksi dilakukan terhadap 24 desa/kelurahan, 30 SMP/MTs dan 25 SMA/MA/SMK se-Kota Batu.

Staf Bidang Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batu Asrobi menjelaskan, seleksi dilakukan dengan mengirimkan kuesioner untuk diisi masing-masing peserta. 

"Kuesioner berisi tentang profil perpustakaan, bentuk kegiatan, fasilitas, koleksi buku. Dilihat mana yang potensial, lalu dicek ke lapangan, dan diambil 5 besar," urainya.

Pada Kamis (19/10/2017) besok, lanjutnya, peserta yang lolos 5 besar dari masing-masing kategori akan mempresentasikan di hadapan dewan juri.

Sebanyak enam juri berasal dari Dinas Perpustakaan Provinsi Jawa Timur, Dinas Pendidikan Kota Batu dan  Pustakawan SMKN 4 Kota Malang.

Sementara, Zulfa NA yang juga staf bidang perpustakaan ini menyampaikan, kriteria penilaian lomba mencakup beberapa hal, yaitu organisasi, sarana prasarana, kerjasama, pelayanan, program, dan inovasi pengembangan minat baca.

Dia menambahkan, kegiatan ini pertama kali diadakan. Selain untuk peningkatan kualitas, pemenang lomba akan mewakili Kota Batu dalam ajang serupa di tingkat provinsi Jawa Timur.

"Lomba ini menjadi stimulan bagi perpustakaan untuk meningkatkan kualitas," imbuhnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Batu

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES