Indonesia Positif Ketahanan Informasi Pendidikan

LIPI Perkuat Sinergi dengan Pemerintah Daerah

Rabu, 18 Oktober 2017 - 12:11 | 60.05k
Dr. R. Hendrian (Kepala Kebun Raya Purwodadi LIPI) berfoto bersama Bupati Pasuruan, Gus Irsyad (HM. Irsyad Yusuf, S.E, MMA). (FOTO: Janis D/Tim AJP TIMES Indonesia)
Dr. R. Hendrian (Kepala Kebun Raya Purwodadi LIPI) berfoto bersama Bupati Pasuruan, Gus Irsyad (HM. Irsyad Yusuf, S.E, MMA). (FOTO: Janis D/Tim AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Pendidikan

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) berupaya untuk terus memperkuat kerja sama dengan berbagai stakeholders, termasuk dengan Pemerintah Daerah. 

Dalam semangat itulah, Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi LIPI melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) bertajuk “Pemanfaatan Hasil-hasil Penelitian, Kepakaran dan Laboratorium LIPI untuk Meningkatkan Daya Saing Daerah" pada Senin (16/10/17).

Kepala Kebun Raya Purwodadi LIPI, Dr. R. Hendrian mengatakan bahwa melalui kegiatan FGD ini diharapkan terbangun sebuah komunikasi dan sinergi yang semakin kuat antara Kebun Raya Purwodadi LIPI dengan stakeholders khusunya Pemerintah Kabupaten Pasuruan dan para pelaku usaha. 

FGD kali ini difokuskan pada Usaha Kecil Menengah bidang pertanian yang ada di Kabupaten Pasuruan.

Hasil yang diharapkan dari FGD ini diantaranya adalah diperolehnya rumusan tentang bagaimana hasil penelitian, kepakaran dan fasilitas penelitian yang dimiliki LIPI dapat lebih terinformasikan, lebih diketahui, dan dimanfaatkan oleh Pemerintah Daerah dan UKM, sedemikian rupa sehingga langsung atau tidak langsung dapat berkontribusi pada peningkatan daya saing daerah.

Deputi bidang Ilmu Pengetahuan Teknik (IPT) LIPI, Dr. Laksana Tri Handoko M.Sc. dalam arahannya menyampaikan apresiasi kepada Kebun Raya Purwodadi LIPI yang telah memperkuat hubungan dialogis antara LIPI dengan pihak mitra di daerah.  

“Keberadaan Kebun Raya Purwodadi LIPI di Pasuruan ini diharapkan  dapat memberikan manfaat nyata dan pengaruh positif bukan saja di bidang konservasi tumbuhan semata, tetapi juga dalam kaitannya dengan peningkatan daya saing daerah,” tegasnya. 

Selain Deputi IPT LIPI hadir pula Bupati Pasuruan, H. M. Irsyad Yusuf, SE, MMA; Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Pasuruan, Ir. Ihwan, M.Si.; Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Pasuruan, Drs. Henis Widiyanto, MM.; sejumlah perwakilan UKM Kabupaten Pasuruan;  serta jajaran struktural dan peneliti Kebun Raya Purwodadi LIPI.

Pada kesempatan ini Gus Irsyad, panggilan akrab Bupati Pasuruan, memaparkan berbagai potensi Kabupaten Pasuruan. Beliau juga mengapresiasi terselenggaranya kegiatan FGD ini dan berharap akan banyak manfaat yang dapat dipetik bagi penguatan kerja sama ke depan antara LIPI dengan Pemerintah Kabupaten Pasuruan, termasuk dalam pemberdayaan UKM.

Selaku penyelenggara FGD, Kepala Kebun Raya Purwodadi LIPI, Dr. R. Hendrian, M.Sc. menjelaskan perlunya mempertemukan dunia penelitian/ilmu pengetahuan dengan potensi, kebutuhan spesifik dan harapan stakeholders, termasuk Pemerintah Daerah dan pelaku usaha di daerah.

FGD berlangsung hangat. Para pelaku usaha/UKM mengungkapkan berbagai kebutuhan dan permasalahan yang dihadapi di lapangan. Dari diskusi ini dihasilkan rekomendasi agar dapat dilakukan FGD lanjutan untuk membangun pola kemitraan yang lebih mantap. Dimana semua pihak terkait dapat benar-benar mengambil peran aktifnya. Tentu sesuai dengan tugas-fungsinya masing-masing.

Salah satu peserta yang hadir, Maryono dari Kelompok Tani Kecamatan Tutur, menyampaikan bahwa kehadiran LIPI di tengah masyarakat seperti ini sebagai sesuatu yang sangat menggembirakan. 

“Kehadiran LIPI buat kami sangat penting, khususnya untuk membantu mencarikan solusi bagi permasalahan-permasalahan riil yang dihadapi masyarakat. Khususnya yg membutuhkan sentuhan iptek,” tandasnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES