Gaya Hidup

Awas! 5 Makanan Ini Dapat Sebabkan Dehidrasi

Rabu, 18 Oktober 2017 - 06:32 | 60.63k
ILUSTRASI. Dehidrasi. (FOTO: vebma.com)
ILUSTRASI. Dehidrasi. (FOTO: vebma.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dehidrasi adalah keadaan tubuh yang kekurangan cairan. Banyak hal yang dapat menimbulkan dehidrasi, yang paling utama adalah konsumsi cairan yang terlalu sedikit. Selain itu, beberapa jenis makanan ternyata juga dapat meningkatkan risiko terjadinya dehidrasi. Dilansir dari Klik Dokter, berikut 5 makanan yan dapat memicu dehidrasi.

Asparagus
Asparagus mengandung aspargin, salah satu jenis asam amino, yang memiliki sifat diuretik. Diuretik adalah zat yang bersifat menambah pembentukan urin, sehingga berkemih akan lebih sering atau lebih banyak. Jika pengeluaran cairan dari tubuh ini tidak diimbangi dengan asupan cairan yang cukup, maka bisa saja timbul dehidrasi.

Makanan Pencuci Mulut
Umumnya, makanan pencuci mulut mengandung gula yang tinggi. Gula menyebabkan lingkungan tubuh menjadi relatif asam, sehingga mengganggu fungsi enzim tubuh dan juga ginjal. Gula menyedot cairan tubuh dan mengakibatkan organ tubuh sulit memproses cairan di dalam tubuh. Akibatnya Anda akan mengalami dehidrasi.

Bumbu Masak
Berbagai macam bumbu masak digunakan untuk membuat rasa makanan menjadi lebih sedap. Beberapa yang perlu diperhatikan antara lain garam, kecap, kaldu blok, penambah rasa, dan sebagainya. Umumnya, bumbu tersebut mengandung garam yang tinggi. Garam bersifat menarik air, sehingga tubuh mudah mengalami dehidrasi saat makanan makanan tinggi garam.

Popcorn dan Soda
Popcorn dan minuman manis bersoda kerap menjadi jajanan klasik saat sedang menonton film di bioskop. Pada umumnya, popcorn mengandung garam yang tinggi. Sementara itu, minuman bersoda banyak mengandung gula. Seperti dijelaskan sebelumnya, garam dan gula dapat meningkatkan risiko terjadinya dehidrasi.

Alkohol
Alkohol juga bisa ditemukan dalam makanan, misalkan pada kue atau vla untuk puding. Alkohol memiliki sifat diuretik, sehingga Anda dapat sering berkemih setelah mengonsumsinya. Akibatnya, pengeluran cairan tubuh berlebih dan rentan mengalami dehidrasi.

Untuk mencegah dehidrasi, Anda dapat mengurangi konsumsi 5 jenis makanan di atas. Selain itu, Anda juga dapat mengimbangi dengan banyak konsumsi cairan. Jika dibiarkan, kondisi dehidrasi dapat menjadi berat dan menyebabkan sakit kepala, gagal ginjal, dan lainnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES