Gaya Hidup

Atasi Ketakutan Berlebihan dengan Cara Ini

Rabu, 18 Oktober 2017 - 02:44 | 35.93k
ILUSTRASI. Rasa takut. (FOTO: thewowlife.com)
ILUSTRASI. Rasa takut. (FOTO: thewowlife.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Setiap orang pasti pernah merasa ketakutan, entah apa penyebabnya. Rasa takut itu sendiri bukan berarti Anda lemah. Ketakutan adalah bagian dari naluri alami manusia untuk bertahan hidup. Meski rasa takut ini wajar terjadi pada setiap orang, sebaiknya Anda tidak membiarkannya. Terlebih jika rasa takut Anda ini sudah berlebihan.

Apapun ketakutan Anda, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi ketakutan berlebihan dan kecemasan yang ditimbulkannya dalam kehidupan sehari-hari, dilansir dari Hello Sehat.

Cari Waktu untuk Menenangkan Diri
Mengatasi ketakutan memerlukan pikiran yang santai dan terbebas dari stres. Maka, hal pertama yang perlu dilakukan adalah menenangkan diri secara fisik dan mental. Hal ini dapat dilakukan dengan menarik napas dalam, minum air putih, atau mencari pengalihan dari rasa takut tersebut dengan berjalan kaki sejenak atau dengarkan musik ceria.

Bangun Kepercayaan Diri
Mengatasi rasa takut berlebihan tak bisa dilakukan dalam sekejap mata. Tapi satu hal yang dapat mempercepatnya adalah dengan memiliki rasa kepercayaan diri yang kuat. Menghindari rasa takut hanya akan membuatnya bertambah serius. Lawan rasa takut tersebut atau melakukan hal yang sebelumnya Anda hindari akan menurunkan respon emosional Anda terhadap ketakutan tersebut.

Berpikir Positif
Ketakutan berlebihan bisa berakar dari bayangan dan pikiran negatif yang selama ini Anda biarkan terus meneror diri. Meyakini semua akan baik-baik saja dan membayangkan hal-hal positif yang dapat terjadi ketika Anda melewati hal yang ditakutkan dapat membuat Anda lebih kebal terhadap tekanan yang dialami ketika rasa takut.

Kendalikan Stres
Ketakutan sering datang bersama dengan stres dan hal tersebut dapat menyulitkan Anda untuk mengalami ketakutan. Hindari perasaan cemas berlebihan dengan melakukan hal-hal yang dapat mengusir stres Anda, seperti menyibukan diri dengan hal lain, berolahraga, atau melakukan relaksasi.

Jangan Ragu Meminta Bantuan
Sama seperti emosi lainnya, mengekspresikan rasa takut juga diperlukan karena dapat membantu Anda mengenali betul masalah Anda dan mengurangi stres daripada harus memendamnya sendirian. Jika bicara dengan orang terdekat tidak dapat menolong Anda, maka jangan ragu untuk mencari pertolongan dari professional seperti menjalani terapi bicara atau kejiwaan (psikoterapi). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES