Peristiwa Internasional

Peristiwa pada 17 Oktober, Lahirnya Satuan Tempur Paskhas TNI AU

Selasa, 17 Oktober 2017 - 13:07 | 93.18k
Paskhas TNI AU. (FOTO: Tria Adha/TIMES Indonesia)
Paskhas TNI AU. (FOTO: Tria Adha/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – 17 Oktober 1947 sebuah pesawat pengangkut Dakota yang terbang dari Lanud Maguwo, Jogjakarta melintas dengan hening di langit Kalimantan.

Pesawat Dakota yang diawaki Kapten pilot Bob Freeberg dengan Copilot Makmur Suhodo ini menerjunkan 13 pasukan terbaik AURI (Angkatan Udara Indonesia) di atas Kotawaringin. 

Mereka membawa misi membantu perjuangan rakyat Kalimantan melawan penjajah, membuat stasiun radio untuk perhubungan Yogyakarta–Kalimantan serta mengusahakan dan menyempurnakan daerah penerjunan untuk dijadikan daerah penerjunan selanjutnya.

Dikutip dari situs paskhas.mil.id, penerjunan yang dilakukan oleh 13 prajurit AURI di Kalimantan menandai lahirnya satuan tempur Pasukan Khas TNI Angkatan Udara (Paskhas). 

Sejak kelahirannya hingga sekarang ini, dengan Motto Karmanye Vadikaraste Mafalesu Kadatjana yakni menunaikan tugas tanpa menghitung untung dan ruginya, korpaskhas telah terjun diberbagai medan operasi militer baik di dalam negeri maupun luar negeri serta tugas-tugas lain dibidang kegiatan sosial.


Berikut beberapa peristiwa penting yang terjadi pada 17 Oktober;

1933 - Albert Einstein yang sedang melarikan diri dari kejaran Jerman Nazi, pindah ke Amerika Serikat.

1947 - Kelahiran Paskhas TNI AU

1952 - Peristiwa 17 Oktober di Jakarta, demonstrasi massa menuntut pembubaran Parlemen Indonesia yang dipicu konflik intern militer (APRI) dan partai-partai yang menajam, korupsi meluas dan keadaan keamanan Indonesia yang memburuk.

1968 - Usman dan Harun, anggota Korps Komando Operasi, dihukum gantung oleh pemerintah Singapura dengan tuduhan meletakkan bom di wilayah pusat kota Singapura yang padat.

1970 - Anwar Sadat menjadi Presiden Mesir.

1973 - OPEC memulai embargo minyak atas sejumlah negara barat yang dianggap membantu Israel dalam perang melawan Suriah.

1979 - Bunda Teresa dianugerahi Penghargaan Perdamaian Nobel.

2003 - Taipei 101 mengambil alih gelar gedung tertinggi di dunia dari Menara Petronas. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES