Ekonomi

Anang Hermasnyah: Ekonomi Kreatif di Jakarta Harus Digenjot

Selasa, 17 Oktober 2017 - 12:12 | 24.72k
Anggota Komisi X DPR RI Anang Hermansyah. (FOTO: ShowBiz - Liputan6.com)
Anggota Komisi X DPR RI Anang Hermansyah. (FOTO: ShowBiz - Liputan6.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Anggota Komisi X DPR RI Anang Hermansyah meminta pemerintahan baru Anies-Sandi harus segera menggarap secara serius potensi ekonomi kreatif di DKI Jakarta karena selama lima tahun terakhir ini kurang maksimal penanganannya.

"DKI Jakarta itu provinsi terendah se Jawa dalam hal ekspor ekonomi kreatifnya, tahun 2016 hanya 10,50 persen," ujar Anang di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (16/10).

Kalau dilihat potensi dan peluangnya, DKI Jakarta jauh jauh lebih besar daripada dibanding provinsi lainnya khususnya di Jawa seperti Jabar (33,56%), Jatim (20,58%), Banten (15,66%) dan Jateng) 14,02%).  Itu belum tercatat potensi Provinsi Bali.

"DKI Jakarta itu ibukota negara,  dari segi fasilitas infrastruktur dan rentang kendali dengan pemerintah pusat cukup dekat. Tapi cukup ironi, rangkingnya terendah se Jawa," ungkap Anang.

Musisi asal Jember ini meminta pasangan Anies-Sandi dalam lima tahun ke depan urusan seni pertunjukan harus digarap secara serius. 

"Banyak yang bisa digali di Ibukota seperti soal seni pertunjukan, musik, film, desain, kuliner dan subsektor ekonomi kreatif lainnya​.  Jakarta itu etalase Indonesia," ingat Anang.

Anang juga menyorot soal revitalisasi beberapa potensi budaya seperti revitalisasi museum, cagar budaya, kota tua, dan tempat berbasis budaya di Jakarta.  

"Jakarta harus tumbuh modern dengan berbasis budaya lokal yang kuat. Anies-Sandi harus mewujudkan itu," harapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : DPR RI

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES