Gaya Hidup

Ini Fakta Di Balik Lamanya Menguap

Selasa, 17 Oktober 2017 - 04:34 | 17.55k
ILUSTRASI. Menguap. (FOTO: dailymail.co.uk)
ILUSTRASI. Menguap. (FOTO: dailymail.co.uk)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menguap sering dijadikan sebagai tanda seseorang sedang mengantuk. Kebiasaan yang menyertai menguap biasanya adalah menutup mulut. Menutup mulut saat sedang menguap adalah salah satu cara manusia untuk menjaga kesopanan.

Terlepas dar kebiasaan itu, tahukah Anda jika lamanya waktu kita membuka mulut untuk menguap ini ternyata bisa menandakan kecerdasan otak kita? Bagaimana bisa?

Dilansir dari Dokter Sehat, sebuah penelitian yang dilakukan di State University of New York di Amerika Serikat pada tahun 2016 mengungkapkan fakta ini. Dalam penelitian yang dilakukan dengan menganalisa video dari 29 jenis mamalia, para peneliti mencoba untuk menghitung seberapa lama para hewan mamalia ini menguap.

Hasilnya, semakin berat otak dan semakin banyak jumlah neuron di lapisan luar otak atau yang kerap disebut sebagai korteks ternyata mampu memprediksi panjangnya waktu menguap.

Sebagai contoh, gorilla, gajah afrika, kuda, dan singa laut yang memiliki ukuran badan yang besar ternyata menguap dengan waktu yang lebih pendek jika dibandingkan dengan manusia karena ukuran otak mereka yang cenderung lebih kecil dari kita.

Yang menarik adalah, meskipun waktu menguap bisa berkaitan dengan ukuran dan kecerdasan otak, hal ini ternyata tidak berkaitan sama sekali dengan ukuran tubuh.

Penelitian yang dipimpin oleh Andrew Gallup ini juga menyebutkan bahwa hewan dengan ukuran otak yang lebih besar cenderung memiliki variasi durasi menguap masing-masing, bergantung pada kondisi yang dialami oleh hewan atau manusia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES