Kuliner

Ketan Lorong yang Melegenda di Kota Wisata Batu, Mau Coba?

Senin, 16 Oktober 2017 - 21:08 | 296.46k
Kedai Ketan Lorong di Jalan Munif, sisi selatan dari alun-alun KWB. (FOTO: Yeni R/ DJ.TIMES Indonesia)
Kedai Ketan Lorong di Jalan Munif, sisi selatan dari alun-alun KWB. (FOTO: Yeni R/ DJ.TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Para TIMES Lovers ingat ya, kalau kalian berkunjung di Kota Wisata Batu dan berada di seputaran alun-alun, pastikan untuk jalan kearah selatan, deretan tempat kuliner tersedia di situ. Ada berbagai macam kuliner yang patut dicoba, mulai cafe, warung dan yang lainnya. 

Salah satunya adalah Kedai Ketan Lorong. Lokasi kedai ini berada di Jalan Munif, sisi selatan dari alun-alun KWB. Lokasinya memang ada di lorong guys. Namun tetap tersedia beberapa kursi dan meja di bagian luar lorong menghadap ke alun-alun. So, tetap bisa menikmati view Alun-alun KWB dan sekitarnya. Kedai yang merakyat dan disukai banyak wisatawan bahkan masyarakat sekitar.

Menurut Mas Fuad, owner Kedai Ketan Lorong ini, kedai ini dulu tidak berada di lorong. “Awalnya, keluarga berjualan di beranda rumah yang kini menjadi trotoar. Kemudian diminta oleh Pemkot Batu untuk dihibahkan menjadi kawasan yang disiapkan untuk fasilitas umum,” ungkapnya menceritakan kronologis ke DJ-008.

KEdai-Ketan0HexT.jpg

Kedai ini merupakan warisan turun temurun dari kakek buyutnya. Kini, generasi keempat mewarisi kedai ketan ini lho, TIMES Lovers. Racikan dari resep turun temurun membuat rasa ketan di sini tidak berubah meski berbeda generasi. Bahan-bahan olahan yang digunakan merupakan bahan pilihan sehingga ketan yang dinikmati pengunjung selalu bertekstur lembut, khas dan lumer dimulut.

"Tempat yang unik buat nikmati ketan bubuk, ketan kicir dan kopi. Salah satu legendnya ketan di Batu yang rasanya masih tetep gak berubah dari jaman aku SD dulu," ulas Ye Rachma, LG level 8 yang asli KWB mengenang masa kecilnya.

Tidak banyak variasi olahan ketan yang ada di kedai ini. Hanya ada ketan komplit dan ketan tabur bubuk kedelai. Ketan komplit adalah ketan yang ditaburi bubuk kedelai, parutan kelapa, dan disiram air gula kelapa. Sedangkan ketan tabur bubuk kedelai adalah ketan yang hanya ditaburi bubuk kedelai dan parutan kelapa. Bubuk kedelai inilah yang khas dari kedai ini. Bubuk kedelai ini diproduksi sendiri dengan resep rahasia keluarga. 

Rasa yang tidak berubah inilah yang membuat kedai ini selalu ramai dikunjungi. Beberapa pelanggan tetapnya adalah seniman ternama seperti (Alm.) WS. Rendra. Pelawak (Alm.) Leysus dan Topan dapat dipastikan selalu menyempatkan berkunjung ke kedai ini apabila sedang berada di sekitar Malang Raya untuk melepas kangen rasa ketan lorong ini.

KEdai-Ketan-LorongHOkwb.jpg

Kedai ini buka 24 jam dalam sehari, dan tujuh hari dalam seminggu, alias buka setiap saat. Untuk menyiasati sumberdaya manusia yang mengelola, setiap harinya penjaga kedai dibagi menjadi 3 shift. Penjaga kedai ini berasal lingkungan sanak keluarga, bisa dibilang ini adalah usaha keluarga. 

"Ketan original, rasanya mantep. Buka sampai tengah malam," ulas Andi Brata, LG level 8 penyandang badge SVTP dari Google penggemar ketan rasa original ini.

Jangan khawatir, guys. Untuk menikmati ketan lorong, harga satu porsi ketan hanya Rp 4.000 saja. Selain itu, ada beberapa pilihan minuman sebagai pelengkap ketan yang dapat dipesan. Minuman yang sangat unik dan agak susah mendapatkanya ditempat, yaitu Wedang Pokak. Jajanan berupa pisang goreng atau tempe goreng gak kalah nikmatnya untuk melengkapi nongkrong bersama teman, sahabat maupun keluarga.

"Top dan khas banget. Meskipun di lorong tapi laris manis. Lokasi strategis di alun-alun KWB. Namanya menu KOPITAN : Kopi Ketan." Demikian ulas Susilo Trimulyanto, LG level 9 yang juga penggemar ketan lorong dan doyan kopi ini dengan 5 bintang apresiasi atas usaha keluarga ini.

So, kedai ketan lorong ini cocok banget jadi tempat nongky sembari menikmati suasana alun-alun KWB. Best view untuk menikmati damainya alun-alun KWB ya pas pagi hari. Setelah subuh, kedai sudah buka menyambut pengunjung dan penikmat kopi ketan legend.

"Kedai kopi dan ketan yang recommended Di kota Batu," ulas Hermas Aga, pemuda santun asli Wong mBatu ini sepakat dengan pengunjung lain dengan menebar 5 bintang penilaian untuk kedai unik ini.

KEdai-Ketan-Lorong-BhZz31.jpg

Gimana, TIMES Lovers, Rekomendasi DJ-008 ini ajib kan? Nikmati suasana alun-alun KWB sembari nongky cozy ngopi di Kedai Ketan Lorong ini, bisa jadi pengalaman unik ketika mampir di KWB. So pasti berkesan deh. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES