Wisata

Ini Lho Nama-Nama Destinasi Wisata Kawasan Bromo Versi Tengger

Senin, 16 Oktober 2017 - 17:44 | 157.76k
Wisata Gunung Bromo. (FOTO: Senda/TIMES Indonesia)
Wisata Gunung Bromo. (FOTO: Senda/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Destinasi wisata di kawasan Gunung Bromo, Jawa Timur, seperti Bukit Teletubies dan Lautan Pasir yang belakangan jadi topik perbincangan, ternyata memiliki nama asli versi Suku Tengger.

Lautan Pasir bernama Pusung Gede, Bukit Teletubies bernama Pusung Kursi, Pasir Berbisik bernama Pusung Wedi, dan Padang Savana bernama Pusung Suket. Kata 'pusung' dalam Bahasa Tengger berarti Bukit.

"Itulah nama-nama asli Tengger. Pusung itu mempunyai arti bukit," kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Probolinggo, Digdoyo Djamaluddin kepada TIMES Indonesia.

Sebagai pelaku wisata di kawasan Gunung Bromo, Digdoyo berharap nama-nama asli tersebut diangkat dan dipakai kembali. Dengan demikian, nuansa budaya akan terangkat bersama dengan nuansa keindahan alam di sana. 

Pemilik Hotel Yoshi's ini berharap, kearifan lokal masyarakat Tengger diangkat dan diterapkan kembali di kawasan Bromo. Termasuk dalam penyelesaian permasalahan yang terjadi di kawasan wisata. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Probolinggo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES