Kesehatan

Hati-Hati, Ini Akibatnya Sering Konsumsi Snack Kemasan

Minggu, 15 Oktober 2017 - 02:36 | 89.61k
ILUSTRASI. Makan snack. (FOTO: foodandhealth.co.uk)
ILUSTRASI. Makan snack. (FOTO: foodandhealth.co.uk)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Anda suka dengan makanan ringan seperti snack kemasan atau keripik yang asin? Meskipun memiliki rasa yang enak, pakar kesehatan menyebutkan bahwa tingginya kadar garam dan MSG pada jajanan ini sangat tidak baik bagi kesehatan. Bahkan, jika kita kerap mengkonsumsinya, bisa jadi hal ini bisa memicu datangnya kanker pada tubuh.

Seperti dilansir dari Dokter Sehat, pakar kesehatan spesialis patologi anatomi yang berasal dari Rumah Sakit Kanker Dharmais bernama dr. Evalina Suzana menyebutkan bahwa kandungan garam yang tinggi pada jajanan ringan bisa memicu iritasi dan meningkatkan risiko terkena kanker lambung dan kanker lidah. Karena alasan inilah kasus anak muda berusia 15 tahun yang terkena kanker lidah sangat tinggi.

Dr. Evalina menyebutkan bahwa setelah mengkonsumsi jajanan yang asin tersebut, sebenarnya kita sudah merasakan sensasi tidak nyaman atau kering pada mulut. Tak disangka, sensasi tidak nyaman ini sebenarnya adalah tanda bahwa kandungan garam dan MSG yang tinggi bisa memicu iritasi pada mulut.

Jika kita kerap mengkonsumsi makanan ringan yang tinggi garam ini dan tidak diimbangi dengan aktifitas olahraga atau banyak minum air, maka hal ini bisa memicu datangnya kanker atau penyakit lainnya.

Dengan berolahraga, maka kita akan banyak mengeluarkan keringat yang bisa membawa kelebihan garam. Tak hanya itu, banyak minum juga akan membantu proses pengeluaran racun dan zat-zat berbahaya dari dalam tubuh lewat urine.

Agar terhindar dari penyakit berbahaya ini, ada baiknya kita membatasi asupan makanan ringan, khususnya yang asin-asin. Jika ingin mengkonsumsi camilan, lebih disarankan mengkonsumsi buah-buahan yang jauh lebih menyehatkan dan banyak manfaatnya untuk tubuh. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES