Indonesia Positif

''Pelajar Harus Aktif Berorganisasi Biar Cerdas dan Pintar''

Sabtu, 14 Oktober 2017 - 17:45 | 57.78k
Peserta Pelatihan Organisai Pelajar yang diselenggarakan oleh DPD KNPI Purbalingga di Graha Adiguna komplek Pendapa Bupati Purbalingga foto bersama, Sabtu (14)10/2017) (foto: Edi Siswanto/Purbalingga TIMES)
Peserta Pelatihan Organisai Pelajar yang diselenggarakan oleh DPD KNPI Purbalingga di Graha Adiguna komplek Pendapa Bupati Purbalingga foto bersama, Sabtu (14)10/2017) (foto: Edi Siswanto/Purbalingga TIMES)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Seorang pelajar yang aktif dalam berorganisasi pelajar harus pintar. Karena hal itu akan berpengaruh terhadap kemampuan atau kompetensi diri dalam menghadapi dan meraih masa depan. 

Hal itu disampaiakan oleh Dewan Pembina Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Purbalingga, Sudarto, saat menyampaikan materi Pelatihan Organisasi Pelajar, yang diselenggarakan oleh DPD KNPI Purbalingga, di Graha Adiguna komplek Pendapa Bupati Purbalingga, Sabtu (14)10/2017).

“Ada beberapa langkah yang bisa dipelajari oleh para aktivis pelajar. Yang pertama, harus mampu meningkatkan kemampuan atau kompetensi dengan belajar dan  membaca, serta belajar dengan seniornya. Pelajar harus aktif berorganisasi biar cerdas dan pintar,” kata Sudarto, yang juga berprofesi sebagai guru di SMK ini, Sabtu (14/10/2017).

Lalu, sambung Sudarto, dengan membangun dan memperluas relasi atau jaringan. Kemudian berbagi tugas sesuai job descriptionnya, agar organisasi bisa berjalan dengan baik dan menghindari terjadinya kesalahan manajemen.

Sementara itu, salah satu peserta pelatihan, Nurul Zahroh Alfauziah dari PR IPM SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga, menuturkan dengan adanya pelatihan tersebut, selain bermanfaat, juga bisa saling terjalin silaturahmi dan bersatu dalam berorganisasi.

Senada dengan Nurul, Ketua PC IPNU Purbalingga, Khayat Nur Iman, juga mengatakan bahwa kegiatan tersebut memberi motivasi dalam berorganisasi dan bisa memanajemen organisasi dengan baik.

Gina Sonia, selaku moderator acara juga mengatakan, manfaat dari kegiatan itu sudah jelas sangat banyak. Baik dari sisi peserta, yaitu jelas menambah pengetahuan lebih luas mengenai managemen organisasi dan menambah semangat atau memotifasi para peserta untuk lebih yakin dalam berorganisasi

“Dan dari sisi panitia, kami mengetahui potensi-potensi dari para pelajar SMA/SMK di purbalingga khususnya dalam lingkup organisasi Muhammadiyah dan NU,” ungkapnya.

Dan kegiatan yang diikuti oleh 50 peserta dari PC IPNU, IPPNU dan PD IPM Purbalingga, menghadirkan dua pemateri. Yaitu Adi Priyo Utomo dengan materi Motivasi Berorganisasi dan Sudarto dengan materi Manajemen Organisasi.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES