Gaya Hidup

Ingin Tetap Berenergi Sepanjang Hari? Konsumsi Makanan Ini

Sabtu, 14 Oktober 2017 - 06:44 | 39.04k
ILUSTRASI. Makan salmon dapat menambah energi. (FOTO: momjunction.com)
ILUSTRASI. Makan salmon dapat menambah energi. (FOTO: momjunction.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Aktivitas yang padat dapat membuat fisik Anda lelah. Jika tidak mendapatkan makanan yang tepat, tubuh akan mudah merasa lelah. Oleh karena itu, asupan makanan sangat penting untuk meningkatkan energi tubuh Anda.

Lalu makanan apa saja yang dapat meningkatkan energi tubuh dalam beraktivitas setiap hari? Berikut makanan yang dapat Anda konsumsi agar tubuh tetap berenergi, dilansir dari Klik Dokter.

Kedelai
Vitamin B kompleks di dalam kedelai dibutuhkan untuk memecah karbohidrat menjadi glukosa yang digunakan sebagai bahan bakar. Kedelai juga mengandung protein yang bermanfaat membuat tubuh lebih berenergi.

Kacang-kacangan
Kacang-kacangan dapat menekan rasa lapar, karena mengandung protein yang tinggi. Selain itu, konsumsi kacang-kacangan dapat mempertahankan energi Anda sepanjang hari.

Almond
Almon mengandung nutrisi yang penting, yaitu magnesium dan vitamin B. Magnesium memiliki peran yang penting dalam metabolisme tubuh, yaitu untuk mengontrol gula darah dan mengatur tekanan darah. Jadi bila kadar magnesium di dalam tubuh sangat rendah, Anda akan merasa cepat lelah. Sedangkan kekurangan vitamin B dapat memicu rasa lemas, konsentrasi berkurang, dan mudah marah.

Telur
Telur adalah makanan yang mengandung protein. Telur dapat membantu membangun dan memelihara otot. Omega-3 pada kuning telur juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan otak.

Asparagus
Asparagus adalah salah satu sumber triptofan nabati terbaik yang membantu menciptakan serotonin, yang merupakan neurotransmitter utama di otak. Serotonin dapat menimbulkan rasa rileks dan menurunkan kadar stres. Selain itu, asparagus juga penuh dengan serat yang dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah.

Ikan Salmon
Salmon mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk produksi energi, sirkulasi otak, dan aktivitas otak. Oleh karena itu, sertakan salmon dalam menu harian Anda untuk mendapat energi secara cepat.

Serelia Biji-bijian
Konsumsi serealia biji-bijian seperti gandum merupakan karbohidrat kompleks yang tinggi serat. Makanan ini menyebabkan Anda merasa kenyang lebih lama. Energi di dalam tubuh juga bertahan dalam waktu yang cukup lama.

Anda dapat mencoba salah salah satu makanan di atas agar tetap berenergi sepanjang hari. Selain itu, Anda juga perlu menerapkan pola makan yang baik untuk meningkatkan energi tubuh. Makanlah tiga kali sehari ditambah dua kali camilan sehat, dan jangan melewatkan sarapan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES