Peristiwa Daerah NUsantara Berbagi

Puluhan Kader Muslimat NU di Malang Dilatih Berwirausaha

Jumat, 13 Oktober 2017 - 18:49 | 36.89k
Kader Muslimat NU di Kabupaten Malang, saat mengikuti pelatihan wirausaha yang digelar oleh LazisNU Jatim, di Pagelaran, Kabupaten Malang, Jumat (13'10/2017). (FOTO: Imad/TIMES Indonesia0
Kader Muslimat NU di Kabupaten Malang, saat mengikuti pelatihan wirausaha yang digelar oleh LazisNU Jatim, di Pagelaran, Kabupaten Malang, Jumat (13'10/2017). (FOTO: Imad/TIMES Indonesia0
FOKUS

NUsantara Berbagi

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Puluhan kader Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) di Kabupaten Malang, Jawa Timur, dilatih berwirausaha. Menata kemandirian keluarga lewat kreasi dan kerajinan tangan kreatif.

Pelatihan dikomando langaung oleh Leslie Isabela, seorang pengusaha baju lukis dan volunter generasi muda berkarya. Ia menjadi ibu sukses berkat tangan kreatifnya. Namanya tak asing di kalangan ibu-ibu di Jawa Timur.

Pelatihan tersebut digelar bersamaan dengan acara NUsantara berbagi yang digelar oleh PW LazisNU Jawa Timur, di Masjid Kuba, Desa Sukosari, Pangelaran, Kabupaten Malang, Jumat (13/102017).

Dalam pelatihan itu, para ibu-ibu yang menjadi kader Muslimat NU, dilatih membuat pernak pernik souvenir, bross, gantungan kunci, dan kerajinan lainnya.

"Setelah dilatih, jangan lupa nanti ditekuni di rumah. Untuk menambah penghasilan di rumah. Bagaimana belanja ibu-ibu tidak bergantung pada suami," jelas Ketua PW LazisNU Jatim, Noor Shodiq Askandar, saat menemui para peserta.

kader-muslimat1LizpY.jpg

Menurut pria yang populer disapa Gus Shodiq itu, pelatihan itu digelar dengan harapan, peserta nantinya memiliki ketrampilan untuk modal berwirausaha di rumah masing-masing.

"Jika mereka sudah berusaha, akan muncul sentra-sentra ekonomi baru di masyarakat," kata pria yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor 2 Unisma itu.

Kemandirian ekonomi lokal jelasnya, akan mengurangi ketergantungan kepada daerah lain. "Jika pelatihan ini sudah lebih merata, dapat terjadi sinergi ekonomi antar daerah," katanya.

kader-muslimat21FQHI.jpg

Saatnya tambah Gus Shodiq, kebutuhan bisa dipenuhi dari karya daerahnya sendiri. Tak harus bergantung pada daerah lain. "Pelatihan ini dari NU untuk warga NU. Tujuannya untuk membangun kemandirian ekonomi warga Nahdliyin," katanya.

Diberitakan sebelumnya, acara tersebut diselenggarakan oleh PW LazisNU Jatim bekarjasama dengan TIMES Indonesia, LPNU, LDNU, LTN NU, NUkita, media online milik PCNU Kabupaten Malang serta bekerjasama dengan Universitas Islam Malang (Unisma). NUsantara Berbagi akan keliling ke beberapa daerah di Jawa Timur untuk menggelar acara yang sama. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Sukmana
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES