Wisata

Menikmati Sensasi Coban Talun, Paduan Alam dan Air dalam Satu Lokasi

Jumat, 13 Oktober 2017 - 16:13 | 96.96k
Menikmati Sensasi Coban Talun. (FOTO: Susilo/DJ TIMES Indonesia)
Menikmati Sensasi Coban Talun. (FOTO: Susilo/DJ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATU – Bagi TIMES Lovers yang sudah jenuh jalan-jalan melihat venue wisata buatan yang banyak tersebar nyaris merata di Kota Wisata Batu (KWB), kali ini ada rekomendasi bagus dari DJ 007 guys. Yakni, berkunjung dan menghabiskan waktu di venue alam yang tidak kalah bagus dan cantik. 

Lokasi yang jauh dari pusat keramaian KWB dengan segala dinamikanya. Bikin hati tenang, nyaman, damai dan sensasional.

Tempat berwawasan lingkungan yang relatif masih asli, hijau dan bikin adem di mata. Dalam perkembangan kurang lebih 3 tahun terakhir ini, sudah banyak pengembangan dan peningkatan kapasitas infrastruktur yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Batu. Terutama semakin hitam mulusnya jalan akses ke tempat ini, fasilitas umum berupa Penerangan Jalan Umum (PJU) dan fasum lain yang menjadi kebutuhan para wisatawan domestik maupun mancanegara.

Coban-Talun8ANK0.jpg

Pada Medio 2015 yang lalu, dalam rangka Penyerahan Kartu Indonesia Pintar, Kesehatan dan bantuan sosial lainnya, Presiden RI Joko Widodo juga berkenan hadir. Ditempatkan di tengah pepohonan dan area pertanian tanpa tenda mewah lainnya, Presiden RI bersama rombongan menteri, Kepala BUMN, pejabat sipil dan militer, tokoh agama, tokoh masyarakat berbaur di tempat ini dalam suasana yang betul-betul cair sarat kekeluargaan. Jauh dari suasana protokoler yang kaku dan formal.

Banyak event lokal, regional, nasional bahkan internasional diselenggarakan oleh komunitas atau instansi pemerintahan lainnya.

Yups, TIMES Lovers benar. Coban Talun. Sebuah tempat yang tidak kalah eksotik dengan wisata alam lain yang mulai banyak dikembangkan di KWB.

Mau tahu berapa ulasan di Google Maps tentang bagaimana menariknya tempat ini? 519 ulasan baik dari pengunjung dan Local Guide (LG) sampai dengan artikel ini diposting, bisa bertambah dan bertambah lagi. Banyak kan, seru dan penuh dengan testimoni yang positif. 

Kalaupun ada kritik, memang harus disampaikan agar dapat masukan, saran dan pertimbangan. Lebih bagus lagi jika mengkritik kemudian diberi opsi solusi yang konstruktif, pasti lebih relevan. Tak sedikit para LG mengulas tempat ini seolah sedang mengikuti lomba menulis, panjang dan detail mendeskripsikan Coban Talun ini sebagai pedoman dan panduan bagi pengunjung yang belum wisata di tempat ini.

Fasilitas mulai dari toilet, warung, kedai bahkan bermalam di sini juga ada. Gratis jika bawa tenda, atau bayar layaknya mau nginap di hotel juga siap. 24 jam tempat ini tidak pernah sepi dari aktivitas pelajar, mahasiswa, komunitas pecinta alam dan stake holders lainnya. Lokasi milik Perhutani ini dikelola bersama dengan masyarakat, petani dan komunitas yang tergabung dalam Lembaga Masyarakat Desa Hutan sebagai bentuk sinergitas bersama demi kesejahteraan masyarakat (local wisdom).

Coban-Talun-29HA6X.jpg

Nongky cozy ngopi di kedai dan cafe atau menikmati wahana juga menarik, DJ 007 rekomendasikan untuk TIMES Lovers santai sejenak. Santai ala backpaper wisatawan yang memang hoby mbolang, ngalas dan keliling tempat ini yang memang pantas dikunjungi.

Relatif lengkap untuk mencukupi kebutuhan mendesak para wisatawan. Apalagi kalo hanya sekedar urusan kuliner, banyak PKL (Pedagang Kaki Lima) di sepanjang jalan Kartini menuju BTC, lebih dari cukup dengan variasi menu yang memggugah selera.

Memang luar biasa! Peluang, kesempatan dan fasilitas yang disediakan oleh Pemerintah Kota Batu ini direspon sangat apik oleh masyarakat dengan mengembangkan usaha yang cukup menjanjikan dari sisi ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan dengan melibatkan warga secara langsung. Cukup murah meriah dan sangat ramah dikantong berlibur di tempat ini.

Coba perhatikan beberapa ulasan dari pengunjung dan Local Guide (LG) tentang Coban Talun ini. “Tempatnya bagus masih alami banget, banyak spot yang bisa dikunjungi seperti taman bunga, tenda apocalypse, camping ground, dan masih banyak lagi. Dan yang paling penting, harga tiket masuknya murah Rp 25 ribu untuk 2 orang plus karcis parkir motor. Good Place,” ulas Rochmad Liliyen, pengu
 njung Coban Talun.

Dea Aprillia Sukmara, LG level 5 ini juga mengulas; “Selain air terjunnya, di sini wilayah yang cocok dan nyaman untuk melakukan camping bagi keluarga ataupun komunitas dan sekolah. Selain camping ground, di sini juga terdapat penginapan bungalow yang fasilitasnya lengkap dan nyaman. Ada aula serbaguna juga spot foto keren di sini," ulasnya sambil menebar 5 bintang penilaian.

Tenda-Kemah6Odzs.jpg

Zuhri Zhu LG yang juga level 5 mengulas; “Di Coban Talun tidak hanya wisata air terjun, namun juga ada wisata bunga, kampung apache,dll. Biaya akan dikenakan setiap masuk ke beberapa spot wisata tersebut Andin Fitrianti Bagus Bangeeettt! Tapi butuh tenaga ekstra buat sampai ke air terjunnya. Tapi ngga mengecewakan kok,” ulasnya meyakinkan.

Hafiyan Rais Akbar, pengunjung ini juga menulis di Google Maps. “Suasana nyaman, ekstra kulikuler says setiap tahun selalu setia pergi kesana. Jadi rindu masa-masa SMA dulu,” ulasnya beromantisme.

Karnadi Lim, LG level 7 dari Medan ini seolah terpukau dengan membandingkan tempat wisata di daerahnya. “Air terjunnya bagus banget, dikelola dengan baik sekali oleh Pemerintah Kota Batu. Yang msh kurang adalah akses jalan kesana cukup lumayan curam dan licin, seandainya kedepan sdhnlbh bagus jalan masuknya, tempat ini akan luar biasa lebih maju.

Pemerintah Sumatera Utara wajib belajar dgn Pemerintah Kota Batu dlm mengelola tempat wisata, pengunjung hanya membayar retribusi sebesar Rp 10.000 sudah dapat mengeskplorer keindahan Coban Talun ini tanpa ada gangguan berupa pemalakan dari preman setempat. Two Thumb,” ulas LG yang datang dari Medan jauh-jauh untuk menghadiri Meet Up Nusantara Google Local Guides yang diselenggarakan oleh Bidang Komunikasi Dinas KOMINFO KWB bareng Batu Local Guide menggandeng TIMES Indonesia sebagai media partner.

Laili Budiarti, pengunjung Coban Talun menulis di Gmaps. “Tempat yang sangat bagus. Udaranya segar. Dan bagi kalian yang suka foto atau suka ngepost foto di instagram, tempat ini cocok banget," ungkapnya terpesona.

Coban-Talun-35Kyf.jpg

“Tempat yang bagus untuk camping & tracking asri hijau dan nyaman dgn udara bersih & segar. Pas Utk rekreasi dgn teman, sahabat & Klg. Sarpras sdh relatif lengkap, banyak venue baru. Kearifan lokal yang efektif, efisien dan produktif,” ulas Susilo Trimulyanto, Local Guide Level 9 pemegang badge SVTP dari Google yang juga DJ-007 TIMES Lovers ini.

Nah, TIMES Lovers. Nikmati nuansa nongky cozy yang keren, nyaman, bersih dan indah dengan suasana etnik dengan harga ramah ditempat wisata alam Coban Talun.
Sudah siap jalan , kan. Tunggu tempat nongky, kuliner dan wisata keren rekomendasi TIMES Lovers berikutnya ya. (*)

Coban-Talun-4jRBMZ.jpg

rachmafb1r.jpg

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES