Peristiwa Daerah

Antisipasi Penyalahgunaan Narkoba, Disdik Mantapkan Pendidikan Karakter

Jumat, 13 Oktober 2017 - 12:44 | 16.99k
Pelajar Lamongan mendapatkan sosialisasi pencegahan, penyalahgunaan Narkoba, Jumat (14/10/2017). (Foto: istimewa)
Pelajar Lamongan mendapatkan sosialisasi pencegahan, penyalahgunaan Narkoba, Jumat (14/10/2017). (Foto: istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, berupaya keras melakukan pencegahan, penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar. 

"Kita melakukan pemantapan, pencegahan narkoba dengan memasukkan pendidikan karakter di kalangan pelajar,” kata Sekertaris Dinas Pendidikan Lamongan, Shodikin, Jumat (13/10/2017). 

Ia menjelaskan, pemahaman bahaya narkoba ini juga sudah dimasukkan dalam pemantapan pendidikan karakter yang ada di setiap mata pelajaran di sekolah. “Pendidikan karakter ini terhadap siswa menjadi faktor penting untuk mencegah penyalahgunaan narkoba sekaligus juga untuk membentuk karakter kebangsaan," ucapnya.

Bahkan, sambung Shodikin, apabila karakter sudah tertanam di setiap siswa, maka dipastikan mereka mampu membentengi diri terhadap bahaya narkoba.  “Di setiap, pihaknya selalu menyampaikan bahaya penyalahgunaan Narkoba, ke kalangan wali murid atau di depan siswa,” tuturnua. 

Sementara itu, Ketua Pelaksana Harian Satuan Pelaksana Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (Satlak P4GN) Kabupaten Lamongan, Sudjito mengaku juga mengantisipasi pencegahan narkotika di kalangan pelajar Kabupaten Lamongan. 

“Khusus untuk pencegahan di kalangan pelajar, Satlak P4GN melakukan sosialisasi langsung di kalangan siswa terkait bahaya narkoba," ujar Sudjito.

Menurut Sudjito, sebelum P4GN terbentuk, petugas dari Satreskoba Polres Lamongan sudah melakukan cegah dini dan deteksi ini terhadap pelajar agar untuk mengefektifkan pencegahan. "Kita melibatkan semua pihak untuk pencegahan Narkoba di lingkungan sekolah," katanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Lamongan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES