Peristiwa Nasional

Peristiwa 13 Oktober, Rakyat Medan Bertempur Melawan Sekutu

Jumat, 13 Oktober 2017 - 09:41 | 784.83k
Sejarah Peristiwa Medan Area. (FOTO: Konveksi Lhokseumawe)
Sejarah Peristiwa Medan Area. (FOTO: Konveksi Lhokseumawe)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beberapa pertempuran antara rakyat melawan sekutu tetap terjadi meski Indonesia sudah menyatakan kemerdekaanya pada 17 Agustus 1945.

Salah satunya Pertempuran Medan Area yang meletus pada 13 Oktober 1945. Pertempuran ini ini merupakan perang antara rakyat Indonesia di Sumatera Barat melawan tentara Inggris dan Sekutu.

Peristiwa ini bermula dari kedatangan tentara sekutu pada 10 Oktober 1945. Tentara Sekutu brigade-4 Divisi India ke-26 mendarat di Sumatera Utara dengan Jenderal T. E. D. Kelly sebagai pemimpin mereka. 

Kedatangan Kelly juga bersamaan dengan pasukan Netherlands-Indies Civil Administration (Pemerintahan Sipil Hindia Belanda, disingkat NICA). 

Kelly menyatakan bahwa tujuannya datang ke Indonesia adalah untuk mengambil kembali tawanan dari kamp-kamp yang ada dan memulangkan mereka. Namun yang terjadi sebaliknya. Kelly mempersenjatai para tawanan dan menguasai beberapa gedung penting di Medan.

Hal ini membuat warga Sumatera Utara marah. Terlebih saat tersiar kabar seorang tentara NICA merampas dan menginjak lencana merah putih milik tentara Indonesia.

Pertempuran kota yang kemudian disebut Pertempuran Medan Area pun terjadi. Hingga akhirnya Inggris mengusulkan gencatan senjata pada 3 November 1945.
 
Berikut beberapa peristiwa penting yang terjadi pada 13 Oktober: 

1917 - Fenomena matahari terjadi di Portugal. Sejarah mencatat sebanyak 100.000 orang berkumpul di wilayah dekat Fatima, Portugal untuk menyaksikan aktivitas matahari. Banyak yang mengklaim sinar matahari pada waktu itu tampak menyerupai Yesus dan tokoh-tokoh Katolik lainnya. Peristiwa itu lantas dikenang dengan sebutan Mukjizat Matahari. Pada 13 Oktober 1930, peristiwa tersebut secara resmi disahkan sebagai mukjizat oleh Gereja Katolik Roma.

1923 - Ankara menggantikan Istambul sebagai ibu kota Turki.

1943 - Perang Dunia II: Pemerintahan baru Italia memihak kepada Sekutu dan menyatakan perang terhadap Jerman.

1944 - Perang Dunia II: Ibu kota Latvia, Riga, diambil alih Tentara Merah.

1946 - Perancis mengadopsi konstitusi Republik Keempat.

1977 - Empat orang Palestina membajak sebuah penerbangan Lufthansa dan meminta pelepasan anggota Faksi Pasukan Merah.

2011 - Jatuhnya pesawat penumpang di Papua Nugini, menyebabkan 28 orang meninggal dunia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES