Peristiwa Daerah

Wow! Rumah Inspirasi di Banyuwangi Pukau BUMN

Jumat, 13 Oktober 2017 - 01:03 | 52.50k
Anak Rumah Aspirasi saat mengoperasikan Pustaka Digital didampingi PT Telkom di Lingkungan Krajan, Kelurahan Kebalenan (Foto: Hafil Ahmad/TIMES Indonesia)
Anak Rumah Aspirasi saat mengoperasikan Pustaka Digital didampingi PT Telkom di Lingkungan Krajan, Kelurahan Kebalenan (Foto: Hafil Ahmad/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Namanya juga Rumah Inspirasi, jadi tidak salah jika didalamnya mampu melahirkan segudang ide yang pada akhirnya mampu memukau salah satu Badan Umum Milik Negara (BUMN) terkemuka di Republik Indonesia, PT Telkom Indonesia.

Selain menjadi wadah mengasah inspirasi bagi kalangan anak-anak sejak usia balita, siswa SD hingga Perguruan Tinggi, ibu-ibu rumah tangga, dan warga masyarakat.

Bangunan permanen yang berada di komplek perumahan Puri Brawijaya RT/RW 04/ 04, Lingkungan Krajan, Kelurahan Kebalenan, Kecamatan/Kabupaten Banyuwangi juga menjadi pusat kegiatan bermain, belajar, berkumpul dan kegiatan positif lainnya.

"Dari rumah ini, ada beberapa karya yang telah ditelurkan. Diantaranya, kegiatan ekonomi kreatif seperti memanfaatkan handuk bekas menjadi vas bunga, mengelola lahan tak terpakai untuk ditanam tanaman obat cabe puyang yang hasilnya untuk kegiatan tahunan rutin seperti agustusan, dengan begitu pola meminta sumbangan door to door menjadi terkikis," kata Eris Utomo saat wawancarai, Kamis (12/10/2017).

Eris mengatakan, selain itu sekitar seratus lebih anak-anak pelajar juga dikenalkan dengan pelestarian belut dan udang di sungai yang tau dari lokasi Rumah Aspirasi.

Selain itu, terdapat berbagai macam jenis buku mulai dari komik, buku cerita, buku belajar yang digalang secara swadaya dan puluhan relawan dari berbagai kalangan yang datang untuk menemani dan mendampingi belajar anak-anak.

"Alhamdulillah, keberadaan Rumah Aspirasi ini mendapat dukungan dari masyarakat, bahkan PT Telkom juga memberikan dukungan dalam bentuk bantuan buku elektronik atau Pustaka Digital dan fasilitas wi-fi," ucap Eris.

Sementara itu, Kepala Kantor Daerah Telkom Banyuwangi, Oka Indryatno mengatakan, pihaknya sangat bangga sebagai salah satu BUMN dapat berbagi dengan memberikan bantuan Pustaka Digital.

Dia berharap, sebagai sebuah perusahaan yang bergerak dibidang telekomunikasi jaringan infrastruktur berupa internet dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan kegiatan-kegiatan, produk ekonomi kreatif dan kegiatan positif lainnya sebagai bekal dan referensi generasi penerus negeri ini.

"Dari kami hanya bisa mendukung infrastruktur internet dan memberi Pustaka Digital atau buku elektronik untuk mendukung kegiatan-kegiatan positif yang dikembangkan di Rumah Aspirasi ini," paparnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Banyuwangi

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES