Gaya Hidup

Jangan Pelit Senyum! Ternyata Senyum Memiliki Banyak Manfaat

Jumat, 13 Oktober 2017 - 04:39 | 202.26k
ILUSTRASI. Manfaat tersenyum. (FOTO: smilecaredental.com.au)
ILUSTRASI. Manfaat tersenyum. (FOTO: smilecaredental.com.au)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Banyak yang mengatakan senyum itu sehat, senyum itu ibadah. Ternyata hal ini ada benarnya. Meski terlihat sederhana, senyum ternyata memiliki manfaat besar. Bahkan, sehat itu bisa didapatkan dengan mudah hanya lewat senyuman. Benarkah?

Jika masih ragu, coba simak ulasan manfaat yang bisa Anda dapatkan apabila sering tersenyum berikut, dilansir dari Klik Dokter.

Melanggengkan Hubungan
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh psikolog Dacher Keltner, PhD, and Lee Anne Harker, PhD selama 30 tahun di  University of California, Berkeley, membuktikan senyuman dapat melanggengkan hubungan.

Seperti dikutip dari Reader’s Digest, keduanya membandingkan foto-foto para siswa dari buku tahunan yang telah lulus dua dekade sebelumnya. Hasilnya, mereka yang tersenyum tulus dengan emosi positif, memiliki hubungan pernikahan yang lebih sehat di usia mereka saat ini.

Meredakan Stres
Senyum membuat tubuh melepaskan hormon endorfin yang mampu mengurangi dan menyingkirkan hormon stres. Selain itu, mereka yang secara alami sering tersenyum lebih cepat pulih dari depresi. Senyum juga memiliki tindakan seperti layaknya morfin yang membantu meredakan stres dan mengurangi persepsi rasa sakit di otak.

Meningkatkan Rasa Percaya
Berbagai penelitian memperlihatkan bahwa seseorang bisa terlihat lebih dipercaya apabila ia murah senyum. Kepercayaan merupakan faktor penting dalam membangun hubungan yang sehat dengan sesama.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Saat tersenyum, tubuh akan merasa lebih rileks sehingga daya tahan tubuh akan meningkat seiring aktivitas tersenyum yang Anda lakukan. Bahkan, tersenyum juga dapat meningkatkan suasana hati Anda menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya.

Meredakan Rasa Sakit
Banyak kalangan yakin dengan tersenyum Anda dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan rasa sakit yang dialami tubuh.  Ternyata hal tersebut terbukti kebenarannya, sebab hormon endorfin yang dilepaskan saat tersenyum dapat membuat rasa sakit berkurang.

Terlihat Awet Muda
Manfaat senyum yang satu ini pasti menjadi kabar baik bagi yang ingin selalu tampak muda. Senyum secara alami mengangkat otot-otot wajah. Selain itu, berbagai penelitian menunjukkan bahwa orang yang tersenyum tampak lebih muda dari usia aslinya.

Begitu banyak kebaikan yang Anda dapatkan hanya dengan tersenyum. Nah, mulai sekarang jangan pelit senyum. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES