Peristiwa Daerah

Kemenpar: Masyarakat Harus Ciptakan Iklim Kondusif buat Parisiwisata Kota Batu

Kamis, 12 Oktober 2017 - 15:40 | 19.97k
Dra Sri Rahayu Budiarti dari Kementerian Pariwisata memberi pengarahan kepada pokdarwis Kota Batu, Kamis (12/10/2017) di Coban Rais. (FOTO: Ferry/TIMES Indonesia)
Dra Sri Rahayu Budiarti dari Kementerian Pariwisata memberi pengarahan kepada pokdarwis Kota Batu, Kamis (12/10/2017) di Coban Rais. (FOTO: Ferry/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pesona wisata Kota Batu harus dikembangkan secara optimal dengan dukungan dan partisipasi segenap pihak, termasuk masyarakat setempat. Terciptanya lingkungan dan suasana yang kondusif menjadi faktor yang mempengaruhi perkembangan pariwisata.

Hal itu disampaikan Fungsional Khusus Kementerian Pariwisata, Dra Sri Rahayu Budiarti saat memberi pengarahan dalam kegiatan Gerakan Aksi Sadar Wisata dan Sapta Pesona di wana wisata Coban Rais, Kota Batu, Kamis (12/10/2017).

"Bukan hanya pelaku pariwisata saja, perlu partisipasi dan dukungan komponen masyarakat demi terwujudnya iklim yang kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kepariwisataan," ujar Sri Rahayu.

Di hadapan sekitar 150 anggota kelompok sadar wisata (pokdarwis) Kota Batu, dia mengajak untuk menjaga aset pariwisata Kota Batu. Dia pun memuji keindahan wisata kota berjuluk Swiss Kecil di Pulau Jawa ini. Terkait hal tersebut, Sri Rahayu mengingatkan pentingnya sadar wisata dan sapta pesona (aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan kenangan).

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Imam Suryono menegaskan pentingnya keberadaan pokdarwis. "Orang yang sadar dengan lingkungan kepariwisataannya akan dengan sukarela memajukan wisata," kata dia.

Imam menambahkan, melalui pokdarwis baik akan diberikan pemahaman dan motivasi kepada masyarakat untuk menjaga lingkungan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Batu

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES