Peristiwa Nasional

Thomas Lembong: Indonesia Harus Bisa Manfaatkan Tumbuhnya Industri 'Lifestyle'

Kamis, 12 Oktober 2017 - 13:57 | 43.10k
ILUSTRASI: Thomas Lembong (FOTO: viva)
ILUSTRASI: Thomas Lembong (FOTO: viva)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ratusan juta penduduk dunia sudah naik kelas menjadi golongan menengah. Gelombang baru kelas menengah global muncul.

“Saat mereka naik ke kelas menengah, orientasinya adalah lifestyle,” kata Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong di acara Trade, Tourism, Investment Seminar di ICE BSD, Tangerang Selatan, Kamis (12/10).

Menghadapi 'booming' kelas menengah global saat ini, Indonesia juga harus siap memanfaatkan 'booming' peningkatan permintaan produk dan jasa yang berhubungan langsung atau tidak langsung dengan industri lifestyle.

Menurut dia, kecenderungan tersebut bisa dilihat dari tumbuhnya demand soal lifestyle seperti meningkatnya jumlah cafe dan restoran dan kunjungan pariwisata.

“Komoditas lifestyle itu seperti kopi, kakao, teh, kayu manis, gula aren, pala, dan lain-lain termasuk mebel. Lalu ada lifestyle services yaitu pariwisata. Indonesia dalam posisi yang kuat untuk garap posisi ini,” katanya.

Sebenarnya, Indonesia punya banyak produk yang berhubungan dengan industri lifestyle ini namun belum dikembangkan secara serius. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Sukmana
Sumber : Kontan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES