Peristiwa Daerah

Situbondo Kembangkan Budidaya Udang Vaname Dengan Teknologi Batervan

Kamis, 12 Oktober 2017 - 00:17 | 136.35k
Kunjugan Bupati Situbondo H. Dadang Wigiarto dan Wakil Bupati H. Yoyok Mulyadi di Lokasi Budidaya Udang Vaname di Kecamatan Besuki (FOTO-FOTO: Fawaid Aziz /Timesindonesia)
Kunjugan Bupati Situbondo H. Dadang Wigiarto dan Wakil Bupati H. Yoyok Mulyadi di Lokasi Budidaya Udang Vaname di Kecamatan Besuki (FOTO-FOTO: Fawaid Aziz /Timesindonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pemerintah Kabupaten Situbondo Jawa Timur terus berinovasi dalam mengembangkan pendapatan ekonomi masyarakat pesisir.

Salah satunya adalah upaya budidaya udang vanamei skala rumah tangga dengan menggunakan teknologi bak terpal vaname (batervan). Budidaya ala batervan ini tidak perlu lahan luas, halaman depan rumah pun bisa dimanfaatkan. 

Dalam kunjungan kerja ke tempat budidaya udang vanamei dengan batervan di desa Demung, Kecamatan Besuki, Bupati Situbondo H. Dadang Wigiarto mengatakan udang vename adalah salah satu komoditi andalan selain ikan kerapu di kota yang dijuluki Kota Bumi Sholawat Nariyah itu.

Menurut Kabid Budidaya Perikanan Situbondo Abdul Rahman, budidaya udang vaname skala rumah tangga menggunakan teknologi batervan bisa meminimalisir biaya dan lahan budaya udang vaname.

Dadang-Wigiarto1w4zJg.jpg

"Biaya konstruksi dua bak batervan membutuhkan biaya Rp 10 juta dan biaya produksi sekitar Rp 4.100.000. Sementara total panen dua bak baterval kurang lebih sekitar 155 kg.  Dengan hasil bersih yang akan di peroleh oleh pembudidaya sekitar Rp 2.600.000 dengan waktu kurang lebih 45 hari," katanya kepada TIMES Indonesia

Dadang-Wigiarto2hiwQq.jpg

Abdul Rahman optimistis komoditi udang vaname mampu menyejahterakan masyarakat jika dikelola dengan sungguh-sungguh. Dan usaha ini menjadi alternatif usaha masyarakat pesisir.

Hadir dalam kunjungan kerja tersebut Wakil Bupati H. Yoyok Mulyadi dan OPD terkait. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Sukmana
Sumber : TIMES Situbondo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES