Gaya Hidup

Ingin Olahraga Malam? Ini 4 Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan

Kamis, 12 Oktober 2017 - 06:39 | 16.92k
ILUSTRASI. Yoga dapat dijadikan pilihan jika ingin olahraga di malam hari. (FOTO: huffpost.com)
ILUSTRASI. Yoga dapat dijadikan pilihan jika ingin olahraga di malam hari. (FOTO: huffpost.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Olahraga tak harus dilakukan saat pagi hari, di malam hari pun Anda bisa berolahraga. Banyak orang yang memilih berolahraga malam-malam karena seharian tidak punya cukup waktu luang. Olahraga di malam hari jugs bisa membantu tidur nyenyak.

Meski aman dilakukan, olahraga malam tak bisa dilakukan sembarangan. Jika salah trik, Anda justru kecapekan atau malah cedera dan imbasnya jadi sulit tidur nyenyak. Lalu, apa saja olahraga yang aman untuk dilakukan saat malam hari? Berikut 4 jenis olahraga yang aman dilakukan malam hari, seperti dilansir dari Hello Sehat.

Yoga
Yoga merupakan salah satu olahraga malam hari yang terbilang cukup aman karena justru membuat tubuh dan pikiran rileks sebelum bersiap tidur. Yoga bermanfaat untuk menghilangkan penat seharian tadi, melancarkan peredaran darah, dan mengatur pernapasan sehingga tidur pun akan nyenyak.

Jalan Kaki
Jika Anda tak begitu suka yoga, jalan kaki bisa menjadi salah satu alternatif olahraga malam hari yang sama amannya. Ada banyak manfaat jalan kaki, mulai dari menurunkan berat badan, membantu melawan depresi, hingga sebagai sarana meditasi mengusir pikiran negatif sebelum pergi tidur.

Fitness
Salah satu pilihan olahraga di malam hari adalah dengan melakukan fitness angkat beban di klub kebugaran. Banyak masyarakat pada masa kini yang mengatur waktu olahraga di malam hari guna menyesuaikan rutinitas hariannya.

Tai Chi
Tai chi adalah gabungan dari seni dan olahraga kebugaran yang bertujuan untuk melatih keseimbangan tubuh dan pikiran. Gerakan-gerakan yang dilakukan menyerupai aliran air yang tenang. Itulah mengapa orang yang berlatih tai chi akan perlahan-lahan memasuki kondisi yang sangat rileks layaknya bermeditasi. Nah jika olahraga ini dilakukan malam hari, tubuh akan merasakan manfaatnya, antara lain aliran darah ke otak lebih lancar, tidur lebih nyenyak, dan tubuh pun jadi lebih rileks.

Saat melakukan olahraga di malam hari disarankan untuk melakukan olahraga seperti biasa, yaitu 3 sampai 4 jam sebelum jam tidur Anda. Dianjurkan juga untuk melambatkan ritme olahraga dari biasanya. Berolahraga di malam hari dengan kecepatan dan daya yang jauh lebih lambat, akan membuat tubuh jadi mudah mengatur detak jantung, pernapasan dan menjaga kadar hormon tetap normal. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES