Gaya Hidup

Begini Cara Rawat Tas Kulit Kesayangan 

Kamis, 12 Oktober 2017 - 03:46 | 44.80k
ILUSTRASI: Merawat tas kulist (FOTO: wikiravan)
ILUSTRASI: Merawat tas kulist (FOTO: wikiravan)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tas berbahan kulit menjadi pilihan berbagai kalangan. Selain nampak lebih berkelas, tas kulit juga awet. 

Sayangnya tak semua orang tahu cara merawat tas kulit dengan benar. Sehingga membuat tas mudah lusuh dan rusak. 

Material kulit membuat perawatan tas ini harus hati-hati. Dikutip dari berbagai sumber begini cara merawat tas kulit yang tepat. 

1. Jangan biarkan basah

Musuh utama tas kulit adalah air. Karena material kulit yang terbuat dari makhluk hidup tentunya akan sangat memungkinkan tumbuhnya bakteri dan jamur. Anda harus memperhatikan kelembapan dan suhu ruangan saat menggunakan dan menyimpan tas kulit. Hindari dari air agar tas kesayangan Anda dapat bertahan lebih lama.

2. Jangan di usap

Saat Anda secara tidak sengaja menumpahkan air pada tas kulit, atau tas kulit Anda terkena rintikan hujan, usahakan tidak langsung mengusapnya dengan sapu tangan atau kain lainnya. Bersihkan air pada tas dengan gerakan menepuk sehingga tidak mempengaruhi serat kulit tersebut.

3. Keringkan dengan hair dryer

Setelah dibersihkan menggunakan handuk dengan cara ditepuk-tepuk, Anda dapat mengeringkan tas kulit Anda dengan hair dryer. Pastikan hair dryer Anda dalam pengaturan kekuatan paling rendah. Karena panas yang berlebihan justru akan merusak permukaan tas kulit.

4. Hindari dari noda coretan pulpen

Jika harus membawanya, masukkan pulpen Anda dengan rapi di dalam clutch kecil. Karena noda pulpen pada tas kulit tidak dapat dihilangkan. Tas kulit Anda akan berkurang keindahannya saat tergores tinta pulpen.

5. Keluarkan dari penyimpanan sekali dua minggu

Jangan biarkan tas kulit Anda tersimpan di dalam lemari terlalu lama. Jika Anda jarang menggunakannya, sekali dalam dua minggu keluarkan tas tersebut dari lemari. Letakkan di ruangan bersuhu normal atau suhu ruangan. 

Setelah beberapa saat, tas kesayangan Anda dapat disimpan kembali. Lakukan secara rutin untuk menjaganya agar tidak muncul jamur dan bakteri yang merusak keindahannya.

6. Hindari dari panas yang berlebihan

Selain air, panas juga menjadi musuh terbesar tas kulit. Usahakan untuk menjaga tas kulit Anda pada suhu normal. Jangan biarkan tas kulit Anda terpapar sinar matahari langsung ataupun terkena panas kimia seperti panas hair dryer yang terlalu tinggi.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Ahmad Sukmana
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES