Peristiwa Daerah

Pemkab Jember Gandeng PTPN untuk Tanam Tebu

Rabu, 11 Oktober 2017 - 14:18 | 39.80k
Petani Tebu (Foto: Dok.TIMES Indonesia)
Petani Tebu (Foto: Dok.TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pemerintah Kabupaten Jember melakukan kerjasama di sektor perkebunan, perikanan, pajak dan teknologi informasi, dengan BUMN maupun swasta. Salah satunya dengan menggandeng PTPN XI untuk pemanfaatan lahan dan Perum Perikanan Indonesia untuk penyediaan pengolahan ikan.

Kerjasama ini dituangkan dalam perjanjian kerjasama antara Pemkab Jember dengan BUMN dan swasta, Rabu (11/10/2017).

"Kerjasama dengan PTPN XI yaitu dengan pemanfaatan lahan tidur yang sudah tua, untuk ditanami tebu dan sekaligus meningkatkan kapasitas Pabrik Gula Semboro. Targetnya ada 400 hektar yang menjadi sasaran," ujar Bupati Jember Faida.

Sedangkan kerjasama dengan Perum Perikanan Indonesia adalah penyediaa Integrity Cold Storage (ICS) yang bisa dimanfaatkan nelayan Jember untuk mengelola hasil tangkapannya.

"Kapasitasnya 200 ton dan ini akan terus dimaksimalkan serta disosialisasikan, agar terus meningkatkan hasil tangkapan," imbuhnya.

Pemerintah Kabupaten Jember juga berkomitmen masalah pajak, sebab pendapatan nasional salah satunya melalui pajak. Untuk itu akan memaksimalkan potensi pajak di Jember.

"Caranya yaitu melalui perizinannya, dimana para investor harus memakai NPWP Jember sehingga pajaknya akan masuk ke Jember melalui KPP Pratama," tuturnya.

Faida menyampaikan, Pemkab Jember juga mengandeng swasta, yakni Biznet untuk pengembangan teknologi Informasi yang berkaitan dengan layanan publik.

"Nantinya pelayanan publik menggunakan IT, dan tempat-tempat umum juga akan diberikan akses internet gratis. Salah satunya di alun-alun Jember," tutupnya.

Acara penandatangan MoU ini dihadiri oleh Dirut Perum Perikanan Indonesia Syahril Japarin, Komisaris Utama PTPN XI Dedy Mawardi, Dirut PTPN XI Mohammad Cholidi, Kepala KPP Pratama Wisnu Indarto, Kepala Balai BP DAS Sampean Alrasyid, Regional Manager Biznet Anugrah Agung Dwi Wahyono dan OPD Kabupaten Jember.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Jember

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES