Gaya Hidup

Latih Bayi Berenang, Ini Manfaatnya!

Rabu, 11 Oktober 2017 - 03:21 | 43.19k
ILUSTRASI. Manfaat berenang sejak bayi. (Foto: marianswimmingpool)
ILUSTRASI. Manfaat berenang sejak bayi. (Foto: marianswimmingpool)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Mengajak bayi berenang bukanlah hal yang salah. Ada banyak manfaat berenang untuk perkembangan bayi. Banyak penelitian menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di dalam kolam renang dapat membantu bayi tumbuh menjadi lebih percaya diri dan cerdas.

Dilansir dari The Asian Parent, Rabu (28/9/2016), Berada di dalam air dapat melibatkan gerak seluruh organ tubuh bayi dalam cara yang unik, yang membantu menciptakan triliunan neuron baru dalam otaknya. Hal inilah yang dapat membantu perkembangan bayi.

Sebuah penelitian oleh Griffith University in Australia yang melibatkan lebih dari 7000 anak, menemukan bahwa anak-anak yang berenang memiliki perkembangan fisik dan mental yang lebih maju. Anak usia 3-5 tahun yang berenang sejak bayi lebih maju 11 bulan dalam keterampilan verbal, 6 bulan lebih maju dalam keterampilan matematika, dan 2 bulan lebih maju dalam keterampilan aksara.

Selain kemampuan itu, mereka juga 17 bulan lebih maju dalam mengingat cerita. Bahkan anak-anak yang dibiasakan berenang sejak bayi juga memiliki kemampuan 20 bulan lebih maju dalam memahami arah.

Selain penelitian di Australia, penelitian serupa juga pernah dilakukan di Jerman. Hasil studi tersebut, anak-anak yang telah mulai berenang sejak usia 2 bulan sampai 4 tahun, lebih baik dalam adaptasi dengan situasi baru, memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi, dan lebih mandiri. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Sukmana
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES