Peristiwa Nasional

Peristiwa pada 10 Oktober, Peringatan Hari Anti Hukuman Mati

Selasa, 10 Oktober 2017 - 10:52 | 38.29k
ILUSTRASI - Peringatan Hari Anti Hukuman Mati (Foto: todayonline)
ILUSTRASI - Peringatan Hari Anti Hukuman Mati (Foto: todayonline)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Penerapan hukuman mati telah menjadi perdebatan panjang di dunia. Kontroversi ini setidaknya mengahangat sejak 15 tahun lalu sejak para pakar hukum dan aktivisis kemanusiaan melakukan pertemuan di Roma, Italia, tahun 2002.

Mereka beralasan, eksekusi mati (apapun bentuknya) bukan cara efektif untuk mengurangi atau menghilangkan kejahatan. 

Hingga tahun 2016, Otoritas lembaga HAM dunia, Amnesty International mencatat lebih dari 140 negara sudah menghapuskan hukuman mati, namun masih ada negara-negara yang menerapkan hukuman mati, termasuk Indonesia.

Selain Indonesia, terdapat 32 negara lain yang juga menerapkan hukuman mati di antaranya adalah Amerika Serikat, Arab Saudi, Malaysia, Bangladesh, China, Korea Utara, Mesir, India, Iran, Pakistan, dan sejumlah negara lain.

Indonesia sendiri masuk pada peringkat sembilan, di bawah Bangladesh, Chad, India, sebagai negara paling banyak melaksanakan hukuman mati.

Paling gres, Pemerintah Indonesia memutuskan mengeksekusi mati 6 terpidana narkotika pada 18 Januari 2015 lalu. Sedangkan 8 orang terpidana narkotika lainya dieksekusi pada gelombang kedua, 29 April 2015.

Pemerintah juga kembali melakukan eksekusi terhadap 4 (1 warga negara Indonesia dan 3 warga asing)  pada Jumat (29/7/2016) dini hari.

Terkait hal ini, Institute for Criminal Justice Reform (ICJR) menilai eksekusi mati pada terpidana kasus narkotik bukan solusi mengurangi peredaran narkotik di Indonesia. ICJR menyarankan solusi hukuman penjara seumur hidup tanpa grasi dan remisi, ketimbang mengeksekusi mati.

Berikut beberapa peristiwa penting pada 10 Oktober:

680 - Husain bin Ali, cucu Nabi Muhammad, terbunuh dalam Pertempuran Karbala oleh pasukan Yazid bin Muawiyah, yang tidak disetujui Husain untuk menjadi khalifah.

1740 - Hari kedua pembantaian orang Tionghoa oleh VOC di Batavia. Peristiwa ini dikenang dengan nama Geger Pecinan.

1780 - Sebuah topan dahsyat menewaskan 20.000-30.000 jiwa di kawasan Karibia.

1964 - Olimpiade musim panas 1964 dibuka di Tokyo, Jepang.

1970 - Fiji meraih kemerdekaannya.

1986 - Sebuah gempa bumi mengguncang San Salvador, El Salvador. Sekitar 1.500 orang tewas.

2005 - Angela Merkel diumumkan sebagai Kanselir Jerman terpilih.

2007 - Orang pertama Malaysia di luar angkasa, Sheikh Muszaphar Shukor meluncur ke angkasa menaiki pesawat Rusia Soyuz TMA-11.

2010 - Negara Antillen Belanda dibubarkan dan membentuk negara konstituen Curaçao dan Sint Maarten serta Kepulauan BES yang semuanya menjadi bagian Kerajaan Belanda.

2013 - Konvensi Minamata mengenai Merkuri ditandatangani. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES