Gaya Hidup

Ini Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Menghilangkan Komedo

Senin, 09 Oktober 2017 - 03:26 | 98.97k
ILUSTRASI. Menghilangkan komedo. (FOTO: mentalfloss.com)
ILUSTRASI. Menghilangkan komedo. (FOTO: mentalfloss.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Komedo di wajah tak kunjung hilang? Pasti hal pertama yang Anda lakukan adalah berpikir segera menyingkirkannya. Sebenarnya Anda tak perlu khawatir, saat ini ada beragam produk yang dapat digunakan untuk menghilangkan komedo. Namun, Anda harus berhati-hati. Pasalnya, jika Anda asal-asalan saat menghilangkan komedo, bisa jadi Anda menambah masalah kulit wajah Anda.

Agar komedo terangkat maksimal dan tidak menimbulkan efek samping pada wajah, perhatikan 5 kesalahan yang sering dilakukan saat menghilangkan komedo, seperti dilansir dari Vemale.

Terlalu Sering Melakukan Eksfoliasi 
Eksfoliasi wajah memang diperlukan, terutama dalam mengangkat kotoran dan sel kulit mati kulit. Namun sayangnya terlalu sering melakukan ekfoliasi malah bisa memberi efek tidak baik bagi kulit. Selain kulit jadi memerah, teksturnya pun akan jadi lebih kering dan sensitif. Hasilnya produksi minyak akan semakin aktif, sehingga jumlah komedo pun akan terus bertambah. Idealnya lakukan ekfoliasi 2 kali dalam seminggu.

Tidak Mempersiapkan Kulit dengan Benar
Kebanyakan orang melakukan proses mengeluarkan komedo tanpa membersihkan kulit muka dengan tepat, bahkan tanpa mencuci wajah terlebih dahulu. Sebaiknya mulai sekarang coba ubah kebiasaan ini. Sebelum mengeluarkan komedo, cuci wajah dengan tahapan double cleansing, lalu hangatkan wajah dengan menggunakan uap air panas sehingga pori-pori terbuka baru lakukan ekstraksi komedo.

Mengeluarkan Komedo dengan Tangan
Jangan pernah mengeluarkan komedo hanya dengan memencetnya menggunakan tangan tanpa alat apapun. Hal ini justru membuat trauma pada kulit dan menyebabkan infeksi serta bekas luka pada kulit. Selain kondisi tangan yang belum tentu steril, kebiasaan ini malah dapat memicu timbulnya jerawat karena kotoran yang ada pada tangan dengan mudah berpindah pada kulit wajah.

Alat Ekstraksi Tidak Steril
Tanpa disadari ada banyak bakteri yang tidak terlihat pada alat ekstraksi komedo yang tidak steril. Ketika menggunakan alat ekstraksi untuk mengeluarkan komedo, alat ini justru akan mentransfer banyak bakteri dalam jumlah besar, yang juga memicu timbulnya jerawat. Jadi, selalu bersihkan dan steril alat ekstraksi Anda dengan menggunakan alkohol atau air panas.

Tidak Menggunakan Moisturizer
Banyak yang berpikir pelembap bisa menyebabkan kulit wajah lebih berminyak. Padahal pemikiran ini salah besar. Pelembab tetap diperlukan untuk kulit berminyak. Selain menjaga kelembapan alami kulit, pelembap juga membantu mengontrol produksi minyak di wajah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES